POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA

Syurkianti Arsyam

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua, pola asuh orang tua adalah upaya orang tua dalam mengasug, merawat, membesarkan dan mendidik seorang anak yang dapat mempengaruhi kualitas anak baik biologis, psikologis, atau sosial. Jenis pola asuh orang tua pada anaknya dibagi menjadi tiga antara lain pola asuh permisisf, pola asuh toriter, dan pola asuh demokratis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan tingkat depresi pada remaja. Menurut beberapa peneliti sekitar 5% dari remaja menderita simptom depresi, banyak faktor yang yang mempengaruhi terjadinya depresi pada remaja antara lain faktor genetik, faktor biologis, serta faktor-faktor sosial seperti masalah-masalah dengan orang tua maupun teman sebaya, keuangan, penyakit fisik dan lain-lain.
Penelitian deskriktif dengan pendekatan cross sectional ini dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Variabel bebas adalah depresi pada remaja. Subyek penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Sinjai Timur dengan sampel 136 responden. Uji statistik dengan menggunakan somer’s dengan nilai ρ =0.012 sehingga ada hubungan bermakna antara pola asuh orangtua dengan tingkat depresi pada remaja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pola asuh orangtua demokratis menunjukkan tingkat depresi pada remaja lebih banyak yang tidak depresi dibandingkan dengan pola asuh otoriter. Dari siswa yang tidak depresi konstribusi terbesar adalah berasal dari pola asuh demokratis dibandingkan dengan yang berasal dari pola asuh permisif dan berasal dari pola asuh otoriter. Sehingga disarankan untuk mencegah depresi pada anak, orang tua diharapkan dapat menerapkan pola asuh demokratis, serta orangtua menjadikan remaja sebagai sososk teman dan mengakui sebagai seorang individu yang menginjak dewasa, menghargai perbedaan pendapat dan mengajak berdiskusi secara terbuka


References


Anwar, Husaini Mahdin, 2009. Peranan Gizi dan Pola Asuh dalam Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Dewi, Ismira, 2008. Mengenal Bentuk Pola Asuh Orang Tua.

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=13&dn=20080706135419 (diakses tanggal 26 Januari 2011 jam 19.48)

Force, Delta, 2010. Peran Komunikasi terhadap Lancarnya Proses Belajar Mengajar. http://grandmall10.wordpress.com/2010/10/10/perankomunikasi-terhadap-lancarnya-proses-belajar-mengajar/

Friedman, 2003. Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC

Hidayat, Azis Alimul, 2005. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika , 2008. Pengantar Kebutuhan Sasar Manusia 1. Jakarta: Salemba Medika , 2009.

Junaidi, Wawan, 2010.Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika. Macam-macam Pola Asuh Orang Tua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Islamic Nursing in indexed by:

________________________________________________________

Journal of Islamic Nursing
Jurusan Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

ISSN Print: 2528-2549 ISSN Online: 2549-5127

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: sysnawati@gmail.com

Creative Commons License View My Stats