FORMULASI BISKUIT SUSU KAMBING (Capra aegagrus) DENGAN PENAMBAHAN SERBUK JAHE (Zingiber officinale Rosc) SEBAGAI MAKANAN RINGAN ALTERNATIF PADA PENDERITA DIABETES MELITUS YANG DI UJIKAN SECARA IN VITRO

Khaerani Khaerani, Muh Fitrah, Suhaemi Hasnidar

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji biskuit susu kambing dengan penambahan serbuk jahe (Zingiber officinale Rosc) dalam mengontrol kenaikan kadar gula darah pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) yang diinduksikan glukosa. Sebanyak 15 ekor tikus putih jantan dibagi dalam 5 kelompok perlakuan yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, kelompok biskuit susu kambing 50 ml, 100 ml dan 150 ml. Data diperoleh dari pemeriksaan kadar gula darah puasa dan 30 menit setelah diinduksi glukosa, Setelah pemberian formula pada masing-masing kelompok perlakuan dan diukur pada menit 30, 60, 120 dan 180. Hasil analisis statistika diperoleh hasil bahwa pada tabel ANOVA yang nilai signifikannya > 0,05 diperoleh hasil tidak signifikan yang berarti tidak ada perbedaan yang nyata antara tiap kelompok perlakuan. Selanjutnya dilakukan pengujian Organoleptik terhadap mutu biskuit. Dari 20 panelis dilihat bahwa formulasi biskuit susu kambing volume 150 ml dinilai paling baik diantara biskuit lainnya, baik dari segi rasa, aroma, warna dan tekstur.

Kata Kunci


Biskuit, Susu kambing, Diabetes melitus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astawan, Sehat dengan Hidangan Hewani. Penebar Swadaya, 2008.

Hooda S. dan S. Jood.Organoleptic and Nutritional Evaluation of Wheat

Biscuit Supplemented with Untreated and Treated Fenugreek Flour. Jurnal Food Chemistry, 2005. Hal : 427-435.

Negeri, G. Diabetes Mellitus; Hypoglicemic Plants and Natural Active Principles. Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences, 2005. Hal:41-42.

Ganong, WF. Fisiologi Kedokteran. Edisi 14. Buku Kedokteran EGC, Jakarta,

Hal : 11.

Noor, R.R. Khasiat Susu dan Daging Kambing. Jakarta. 2002, Hal : 16.

Suyono S. Diabetes Mellitus di Indonesia. Pusat. Penerbitan Departemen

Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta, 2006.

Hal 1852-1855.

Weny, Setyawati. Formulasi Biskuit Tinggi Serat (Kajian Proporsi Bekatul Jagung, Tepung Terigu dan Penambahan Baking Powder Vol 2, 2014. Hal : 223224.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Farmasi is indexed by

Flag Counter