STATUS KECACINGAN SOIL TRANSMITTED HELMINTH (STH) DALAM PEMANTAUAN KEJADIAN ANEMIA PADA MURID SD INPRES BAKUNG SAMATA KABUPATEN GOWA TAHUN 2013

Irviani Anwar Ibrahim

Abstract


Kecacingan merupakan masalah yang sangat beresiko dan rentan dihadapi anak usia 5-14 tahun karena anak di usia tersebut belum bisa menjaga kebersihan dirinya sendiri.
penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan metode pendekatan cross sectional. Penelitian ini untuk mengetahui status kecacingan Soil Transmitted Helminth (STH) dalam pemantauan kejadian anemia pada murid SD Inpres Bakung Samata Kabupat-en Gowa Tahun 2013.
Hasil penelitian dalam pemantauan kejadian anemia menunjukkan tidak ada hub-ungan antara status Soil Transmitted Helminth dengan kejadian anemia pada murid SD Inpres Bakung Samata Gowa, yang berarti bahwa bukan hanya satu factor yang menyebab-kan terjadinya anemia namun banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya anemia. Yai-tu bukan hanya infeksi kecacingan yang menjadi satu-satunya penyebab anemia, namun ju-ga dapat disebabkan karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh, perdarahan karena penyakit tertentu, ataupun karena diare. Selain itu faktor sosial ekonomi keluarga juga mempunyai kontribusi besar menyebabkan anemia.
Kata Kunci : Kecacingan Soil Transmitted Helminth, Pemantauan Anemia, Murid SD




DOI: https://doi.org/10.24252/kesehatan.v7i1.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Gowa. Medical and Health Science Faculty, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Email: jkesehatan@uin-alauddin.ac.id

Jurnal Kesehatan is indexed by:

 

See Visitor Stats