Menelisik Ludruk dalam perspektif historiografi dari Koleksi Perpustakaan UGM

[Kamis, 11/04/2019] Untuk ke-2 kalinya, alumnus UGM, Bapak Lutfi Ismail, M.A., mengajak mahasiswanya untuk belajar secara langsung mengaplikasikan langkah heuristik dalam penulisan historiografi di Perpustakaan UGM. Kali ini, mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah Tahun 2016 berjumlah 25 orang, menelusur berbagai macam buku, karya akhir, dan jurnal, untuk riset kali ini.

Bapak Arif Surachman, MBA selaku Kepala Bidang Database dan Jaringan Perpustakaan UGM menyambut gembira rombongan calon intelektual muda tersebut. Harapannya tentu saja, koleksi Perpustakaan UGM dapat mendukung tugas pembelajaran Historiografi yang saat ini sedang tren dalam bidang Ilmu Sejarah. Didampingi oleh Rini Iswandari, SIP. (Pustakawan Sirkulasi), Janu Saptari, SIP. (Pustakawan Referensi dan Terbitan Berkala), dan Sarwana, SIP., M.A. (Pustakawan Karya Akhir), rombongan menelusur literatur yang diperlukan.

Yang menggembirakan adalah tersedianya koleksi Ludruk dari tahun 1980 an dari Koleksi Langka Perpustakaan UGM yang dirujuk oleh mahasiswa tersebut. Di UGM sendiri, secara keseluruhan, terdapat 157 koleksi (buku, tesis/disertasi/skripsi, artikel jurnal) yang memiliki kata kunci ludruk. Yang berbentuk buku dengan judul yang tertera kata “ludruk”, terdapat 8 koleksi, yaitu 2 koleksi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya, dan 6 koleksi berada di Perpustakaan Pusat UGM. Sedangkan dalam bentuk hasil penelitian sejumlah 38 judul.
Koleksi tersebutlah yang dibaca dan disarikan oleh mahasiswa untuk tugas kali. [Humas: Cahya]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is indexed by:

            

Creative Commons License web
stats View Stats
________________________________________________________
Office Address:

Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is published by Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

E-mailkhizanahalhikmah@uin-alauddin.ac.id
Contact Person: +6281277777543

ISSN Print: 2354-9629 ISSN Online: 2549-1334