SISTEM MANAJEMEN PENGAWASAN KEPALA MADRSAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PESANTREN MADANI ALAUDDIN PAO-PAO KABUPATEN GOWA

Kasmawati Kasmawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang sistem pengawasan kepala madrasah terhadap kinerja guru di Pesantren Madani Pao-Pao. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif-kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan  sistem manajemen pengawasan kepala madrasah di Pesantren Madani Pao-Pao Kab. Gowa telah dilaksanakan dengan baik dari segi fase perencanaan, fase pelaksanaan maupun kegiatan evaluasi dan tindak lanjut dalam melakukan pengawasan kinerja guru terhadap proses pembelajaran, (2) Gambaran kinerja guru dalam proses pembelajaran di Pesantren Madani Pao-Pao Kab. Gowa melalui pengawasan kepala madrasah telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga jika dideskripsikan kinerja guru berada pada kategori baikdengan beberapa indikator yaitu penyusunan rencana persiapan dan proses pembelajaran, pengembangan kompetensi profesionalisme, pengembangan keprofesionalan melalui tindakan reflektif, kegiatan pengelolaan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dalam pengelolaan pembelajaran, kegiatan inti dalam penerapan pendekatan/model pembelajaran, kegiatan inti dalam pelaksanaan penilaian dan kegiatan penutup), (3) Langkah-langkah yang ditempuh kepala madrasah dalam pengawasan terhadap kinerja guru di Pesantren Madani Pao-Pao Kab. Gowa terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, terdiri dari pembuatan jadwal guru mengajar, melakukan dialog untuk membuat kesepakatan dan persiapan dalam pelaksanaan pengawasan kinerja guru, tahap pelaksanaan dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kinerja guru dalam hal proses pembelajaran, yaitu kemampuan dan kompetensi yang tergambar dari perilaku mengajar guru terhadap peserta didik di kelas dan tahap evaluasi dan tindak lanjut, evaluasi terdiri dari penilaian kegiatan pendahuluan pada awal guru mengajar, inti pembelajaran, dan penutup sedangkan bentuk tindak lanjutnya berupa saran, nasihat yang mendidik, solusi terhadap pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru, serta perbaikan-perbaikan dalam kinerja guru agar menjadi lebih baik, (4) Dampak pengawasan yang dilakukan kepala madrasah terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran di Pesantren Madani Pao-Pao Kab. Gowa yaitu dengan pengawasan yang baik akan ditemukan akar permasalahan yang timbul serta dicarikan jalan keluar pemecahannya, karena kegiatan pengawasan yang dilakukan kepala madrasah terhadap guru pada prinsipnya berupa bantuan operasional pengawasan terhadap guru dalam pembelajaran dan bukan perintah atau intruksi, dengan kata lain bahwa kegiatan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru tersebut semata-mata dilakukan karena tanggung jawabnya terhadap peningkatan kualitas guru.

Kata Kunci: Pengawasa (Supervisi), Kinerja Guru, Penelitian Kuantitatif-Kualitatif.

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Andrew J. Dubrin, 1990, Essential of Management, South Western Publishing.

Arikunto, Suharsimi, 1992, Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif III, Jakarta: Rajawali Press.

-------------------------. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahar Agus Setiawan dan Abd. Muhith, 2013, Transformational Leadership, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bedjo Siswanto, 1990, Manajemen Modern: Konsep dan Aplikasi, Bandung: Sinar Baru.

Daryanto, M. 2¬005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hikmat, 2011, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

John M. Echols dan Hassan Sadily, 2003, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komaruddin, 1994, Ensiklopedia Manajemen, Jakarta: Bina Akasara.

LAN. 1982. Penilaian Kinerja Pengawas. Jakarta: LAN.

Laurie J. Mullins, 2007, Management & Organizational Behaviour, England: Prentice Hall.

Made Pidarta, 1990, Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem, Jakarta: PPCPTK.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2004. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malayu S. P. Hasibuan, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia,Jakarta: Bumi Aksara.

Martinis Yamin dan Maisah, 2010, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press.

Mukhtar dan Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep Strategi dan Implementasi). Bandung: Rosdakarya.

------------, 2007, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Fattah, 2000, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyada, Dedy. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelengaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sagala, Syaiful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfhabeta.

------------------, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfhabeta.

------------------, 2005, Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Jakarta: Nimas Multima.

Sahartian, dkk. 1982. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasonal.

Sahartian, Piet. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangkaian Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarwan Danim dan Suparno, 2009, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukanto Teksohardiprodjo, 2000, Dasar-Dasar Manajemen edisi 5, Yogyakarta: hal. 63

Suryasubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

UIN Alauddin Makassar. 2013. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU. RI No. 20 Thn 2003). 2003. Jakarta. Sinar Grafika.

Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.