CONSUMER ENCOUREGEMENT AND RESPONSES TO THE PURCHASE DECISION A SHARIA INSURANCE POLICY

Popon Srisusilawati, Zea Fauziah, Ratih Tresnati

Abstract


Consumer behavior in the buying process begins with the purchase interest, so that it will affect consumers who will continue to change. The purpose of this study is to analyze the motivation and consumer perceptions of the prudential insurance policy purchase decision. This type of research is quantitative verification. The research method used is descriptive survey. The results of this study reveal that consumers' motivation and perceptions are in the sufficient category in influencing the decision to purchase a Sharia prudential insurance policy. Partially the motivations and perceptions of consumers each oppose the decision to purchase an Islamic insurance policy. Positively on the decision to purchase prudential sharia insurance policies.

Keywords


motivation; perception; purchasing decisions; Islamic insurance

References


Anastasia, N. (2013). Peta tanggapan konsumen terhadap atribut rumah tinggal di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 141-152.

Andjarwati, T. (2015). Dorongandari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori doronganprestasi Mc Clelland. . JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 2(01).

Djati, S. P. (2004). Pengaruh kesan kualitas layanan, harga, dan kepuasan mahasiswa PTS terhadap minat mereferensikan kampusnya. Widya Journal of Management and Accounting, 4(2).

Iskandar, I. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), 24-34.

Junaedi, M. S. (2015). Pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk hijau: Studi perilaku konsumen berwawasan lingkungan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 189-201.

keller, K. d. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kotler dan keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 14. New Jersey: Person Education.

Kusuma, I. P. (2016). Pengaruh doronganhirarki kebutuhan terhadap kepuasan kerja karyawan pada pt. Pelabuhan indonesia iii (persero) cabang tanjung emas semarang. Admisi dan Bisnis, 17(1), 67-76.

Mandasari, A. E. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Jenis Low Cost Green Car (Lcgc) Di Kota Tasikmalaya. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(2), 190-199.

Maslow, A. H. (2000). The Maslow business reader. John Wiley & Sons.

Maulana, M. F. (2019). Pengaruh Tanggapan Konsumen dan DoronganKonsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 1(3), 78-88.

Maulana, M. F. (2019). Pengaruh Tanggapan Konsumen dan DoronganKonsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 1(3), 78-88.

Miauw, K. (2016). DoronganKonsumendan Sikap Kon-sumen Terhadap KeputusanPembelian di WILD. Performa: JurnalManajemandan Start-Up Bisnis, 1(5).

Mowen, J. C. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi ke 5 Dialihbahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Mujiyana, M. &. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. . J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143-152.

PimpinanAsuransi, p. s. (2018, Juli 5). perkembangan jumlah nasabah asuransi pertahun. (Zea, Interviewer)

Pradita, M. Y. (2017). Pengaruh kompensasi, gaya kepemimpinan dan karakteristik tenaga pemasar terhadap dorongandan kinerja tenaga pemasar pada pt. Bank rakyat indonesia (persero) tbk. Cabang jombang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2).

Puspitasari, N. (2014). Model Proporsi Tabarru’dan Ujrah pada Bisnis Asuransi Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 9(1), 43-55.

Ramadhani, H. (2015). Prospek dan Tantangan Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia. Al-Tijary, 1(1), 57-66.

Robbins, S. (2003). Perilaku Organisasi Jilid 1, Edisi Indonesia. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Rostanawa, G. (2019). Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). ELite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature, 1(2).

Saputra, R. (2013). Analisa pengaruh Dorongan, tanggapan, Sikap konsumen terhadap keputusan pembelian mobil daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).

Schiffman, L. d. (2008). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Semuel, H. K. (2009). Perilaku dan keputusan pembelian konsumen restoran melalui stimulus 50% discount di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2).

Sidharta, I. &. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-36.

Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi pemasaran terpadu dalam mendorong keputusan pembelian jasa perbankan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 1-18.

Suryani. (2013). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran/ Taktik Suryani. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilowati, C. T. (2012). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kartu Seluler IM3 melalui DoronganKonsumen (Studi pada Pengguna IM3 di Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), 97-106.

Susilowati, S. H. (2016). Luas lahan usaha tani dan kesejateraan petani: eksistensi petani gurem dan urgensi kebijakan reforma agraria. Analisis Kebijakan Pertanian, 10(1), 17-30., 17-30.

Thio, S. (2012). Tanggapan konsumen terhadap makanan organik di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 4(1), 18-27.

Tuffahati, H. M. (2016). Pengukuran Efisiensi Asuransi Syariah dengan Data Envelopment Analysis (DEA). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 4(1), 1-23.

Wardhani, W. S. (2015). Pengaruh tanggapan dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian hunian Green Product. Jurnal manajemen dan organisasi, 6(1), 45-63.

Winarti, C. E. (2015). Pengaruh dorongankonsumen, tanggapan kualitas, sikap konsumen dan harga terhadap keputusan pembelian mobil nissan grand livina di dealer pusat pt nissan motor indonesia jl. mt haryono kav. 10 jakarta timur. Kelola, 2(3), 12-21.

Yunarifah, U. N. (2012). Pengaruh DoronganKerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Kebon Agung Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 8(2), 146-164.




DOI: https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v7i2.14170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Laa Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam is indexed by:

 


Lisensi Creative Commons   Web Analytics View My Stats

ISSN ONLINE    (e-ISSN): 2580-9512
ISSN PRINTED  (p-ISSN): 2476-9371

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

OFFICE ADDRESS:

Department of Islamic Economics, Faculty of Islamic Economics and Business,
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jl.H.M. Yasin Limpo No.36, Samata, Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia. 92113
Telepon/WA: 0852-4278-1136, Email: laamaisyir@uin-alauddin.ac.id