Prinsip dan Etika Pada Manajemen Pemasaran Dalam Upaya Pengembangan Bisnis Thaybah Mart

Sulkifli Herman Herman, Nasir Hamzah Hamzah, Amiruddin Kadir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap manajemen pemasaran Thaybah Mart yang merupakan usaha dagang ritel milik Unit Usaha STIBA Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan teoritik, normatif dan filosofis. Seluruh data yang diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dan data sekunder yang berupa informasi tertulis dari literatur. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu Thaybah Mart menerapkan strategi bertahan hidup dengan pertimbangan jumlah modal yang dimiliki belum mampu untuk menambah volume penjualan atau menawarkan banyak diskon. Upaya pengembangan pemasaran di Thaybah Mart masih membutuhkan pembenahan SDM dan penambahan modal.


Keywords


Penerapan, Prinsip, Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


“Pentingnya Catatan Transaksi” (Keuangan). Pengusaha Muslim. no. 23 (Januari 2012).

Ad-Duwaisy, Ahmad bin Abdurrazzaq. (2009). Fatāwā al-Lajna ad-Dāimah lil Buhūts al-‘Ilmiyyah wal Iftā, Terj. M. Abdul Ghoffar. Fatwa- Fatwa Jual Beli (Cet. III) Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Alma,Buchari. (2003). Dasar-dasar Etika Bisnis Islami(Cet. III). Bandung: CV. Alfabeta.

Al-Mushlih,Abdullah. (2013). Ma La Yasa’ at-Tijara Jahluhu, ter. Abu Umar Basyir, Fikih Ekonomi Islam. Jakarta: Darul Haq.

Al-Qur’an Al-Karīm

El-Ghandur, Achmad. (2006).Perspektif Hukum Islam; Sebuah Pengantar (Cet. II). Yogyakarta: Pustaka Fatimah.

Kadir,A. (2010). Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur’an (Cet. I). Jakarta: Amzah.

Karim,Bustanul. (2018).Prinsip Pembangunan Ekonomi Ummat (Upaya Menggali Petunjuk Al Qur’an Dalam Mewujudkan Kesejateraan) (Cet. I). Ygyakarta: Diandra Kreatif.

Kasmir &Jakfar. (2017).Studi Kelayakan Bisnis;Edisi Revisi (Cet.XII). Jakarta: Prenademedia Group.

KBBI. (2017). Situs Resmi KBBI. http://kbbi.web.id/peran

Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Jakarta:Prenadamedia Grup.

Qur’ani, Syahrul. (2018) Pengunjung Padati Thaybah Mart.http://stiba.ac.id/2011/12/12/ pengunjung-padati-thaybah-mart/

Saifullah,Muhammad. (2011).Etika Bisnis Islami dalam Praktek Bisnis Rasulullah (Vol. 19). Walisongo.

Tausikal,Muhammad Abduh. (2017). Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang (Cet. II). Yogyakarta: Pustaka Muslim.

Wiyono, Slamet. (2005).Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasindo.

Yosephus,Sinour. (2010).Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Bisnis Kontenporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Yusanto,Muh. Ismail &Widjayakusuma,Muh. Karebet. (2018).Menggagas Bisnis Islami (Cet. II). Depok: Gema Insani.

Yusuf. (2018). Tugas Manajer Pemasaranhttp://jurnalmanajemen.com /tugas-manajer-pemasaran/




DOI: https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v5i2.6859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Laa Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam is indexed by:

 


Creative Commons License Web AnalyticsView My Stats

ISSN ONLINE    (e-ISSN): 2580-9512
ISSN PRINTED  (p-ISSN): 2476-9371

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Publisher:

In Collaboration With:

Office  Address:

Department of Islamic Economics, Faculty of Islamic Economics and Business,
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jl.H.M. Yasin Limpo No.36, Samata, Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia. 92113
Telepon/WA: 0852-4278-1136, Email: laamaisyir@uin-alauddin.ac.id