BAURAN PEMASARAN JASA DAN TINGKAT HUNIAN PADA HOTEL AL-BADAR SYARIAH

Muslimin Kara, Rika Dwi Ayu Parmitasari, Zulfahmi Alwi, Risna Risna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan tingkat hunian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar. sampel sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Skala likert untuk mengukur data yang diperoleh. Data Penelitian dianalisis secara deskriptif dan regresi linear berganda dengan uji F dan uji t.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa product (X1), price (X2), process (X6) dan Physical evidence (X7) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah. Sedangkan Variabel promotion (X3), place (X4), dan people (X5) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar. Adapun secara simultan product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people (X5) process (X6) dan physical evidence (X7) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan tamu menginap pada hotel Al Badar Syariah Makassar.

Keywords


Bauran Pemasaran Jasa, Tingkat Hunian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. “Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.

Asri, Marwan. 1991. Marketing, Yogyakarta: UPP-AMP YKNPN.

Bassi, Aliming. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Konsumen pada Hotel Bintang Dua di Kota Palembang. Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Palembang.

Cordoba Internasional Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung. Cordoba.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate”, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph; William C. Black, Barry J. Babin dan Rolph E. Anderson, 2010, Multivariate Data Analysis, 7th edition, Pearson.

Infosky, “Kunci Sukses Bisnis”, dalam http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/ Kunci-sukses-bisnis/ diakses 5 Januari 2017.

J. Stanton, William. 1984. “Prinsip Pemasaran”, alih bahasa Yohanes Lamarto, edisi ketujuh jilid ke 11, Jakarta: Erlangga.

Kartini,Fitri. 2014. Variabel Yang Mempengaruhi . EKBISI, Vol. IX, No. 1.

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Pariwisata tahun 2015 (Laporan utama).

Mannan, Muhammad Abdul. 1992. “Ekonomi Islam: Teori dan Praktek (Dasar-Dasar Ekonomi Islam)”, Potan Arif Harahap Jakarta: Intarmasa, 1992.

Noor, Agus Mentari. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran 7(P) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Hotel Grand Sawit Di Samarinda.Journal Administrasi Bisnis, vol. 4, No. 4.

Philip, Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1; Jakarta: Erlangga.

Sari, Tia Puspita. 2014. “Pengaruh Produk Hotel Syariah Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Sofyan Hotel Betawi Dki Jakarta”. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofyan, Riyanto. 2011. Bisnis Syariah Mengapa Tidak?, Jakarta, Gramedia Pustaka.

Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Selatan 2015, (LaporanUtama)

Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Susanti, Dwi Ety. 2006. Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh dengan Keputusan Pelanggan Tetap Menginap di Hotel Palace Surabaya, ” Jurnal-jurnal Ilmu Sosial, Vol 6 No. 2.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen jasa. Yogyakarta: Andi offset.




DOI: https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v6i1.9412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Laa Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam is indexed by:

 


Lisensi Creative Commons   Web Analytics View My Stats

ISSN ONLINE    (e-ISSN): 2580-9512
ISSN PRINTED  (p-ISSN): 2476-9371

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

OFFICE ADDRESS:

Department of Islamic Economics, Faculty of Islamic Economics and Business,
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jl.H.M. Yasin Limpo No.36, Samata, Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia. 92113
Telepon/WA: 0852-4278-1136, Email: laamaisyir@uin-alauddin.ac.id