BUKU PAKET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR: Tinjauan terhadap Problematika Pemanfaatannya di Kota Gorontalo

Muhammad Sadli Mustafa

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seputar problematika pemanfaatan bu­ku Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar di Kota Gorontalo dengan meng­gunakan metode penelitian kualitatif. Dua sekolah dasar negeri yang dija­di­kan sebagai sasaran penelitian ini dipilih secara purposive terdiri atas satu seko­lah yang terkategori sebagai sekolah unggulan atau berprestasi, dan satu sekolah yang tidak terkategori unggulan atau berprestasi di Kota Gorontalo. Data dikum­pulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian me­nunjukkan bahwa ketersediaan buku PAI masih sangat terbatas terutama un­tuk pegangan peserta didik baik kurikulum 2013 (K. 13) maupun Kurikulum Ting­­kat Satuan Pendidikan (KTSP). Mekanisme pemanfaatan buku PAI ma­sih menggunakan cara klasik yakni dengan metode ceramah dan diskusi ke­lom­pok ser­ta dengan memanfaatkan kelas dan mushalla dalam prak­ti­kum. Ken­­dala lain­nya yang dihadapi khususnya oleh peserta didik dari sisi ma­te­ri ada­lah kesulitan mereka (khususnya kelas 1) pada materi yang menggunakan ba­hasa Arab pada K.13. Sementara tenaga pendidik (guru PAI) masih kesulitan da­lam me­nerapkan K.13 karena belum ada sosialisasi K.13 khusus untuk mata pe­lajaran PAI SD.

Abstract:

This study aims to reveal about the problematic use of Islamic Education (PAI) book in elementary school in Gorontalo city by using qualitative research method. Two of state primary schools targeted for this study were chosen purposively con­sis­ting of one school categorized as a pre-eminent school or achievement, and one unscientific or outstanding school in the city of Gorontalo. Data were collec­ted through observation, interview, and documentation techniques. The results in­dicate that the availability of PAI books is still very limited, especially for grip learners both curriculum 2013 (K. 13) and Education Unit Level Curriculum (KTSP). Mecha­nism of utilization of book of PAI still use classical way that is by lecture method and group discussion and by utilizing class and mushalla in doing practicum. Obstacles encountered especially by learners from the material side are their dif­ficulties (especially class 1) on materials that use Arabic in K.13. Educators (PAI teachers) are also still difficult in applying K.13 because there is no socialization K.13 specifically for subjects PAI SD.


Keywords


Problematika, Pemanfaatan, Buku PAI SD, Kota Gorontalo

References


As’ad, M., dkk. (2009). Reformulasi Buku-Buku Paket Madrasah. Makassar: Idelenggara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta.

BAP Provinsi Gorontalo. (2014). Hasil Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2007 – 2014 Kota Go-rontalo.

BPS Kota Gorontalo. (2014). Gorontalo Dalam Angka Tahun 2014.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa) Edisi Ke-empat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dinas Pendidikan Kota Gorontalo. Daftar Analisis Kebutuhan Guru Dinas Pendidikan Kota Go¬ron-talo Tahun Pelajaran 2014 – 2015.

Kementerian Agama Kota Gorontalo. Daftar Guru PAI SD se-Kota Gorontalo Tahun Pe¬lajaran 2014 – 2015.

Mayusa, F. (2013). Perbandingan antara Cara Belajar Menggunakan Buku dengan Meng¬gu¬na¬kan In¬ter-net Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa. Academia.edu.

Milles, M.B., & Huberman, M.A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Per¬gu¬ru¬an Tinggi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Ban-dung: Al¬fa¬beta.

Supriadi, D. (2000). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia; Problematika Penilaian, Penyebaran, dan Peng¬gu¬naan Buku Pelajaran, Buku Bacaan dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-kasus-kasus-anak-sd-bunuh-temannya/tewas-dikeroyok-tiga-teman-sekolah.html.

Metro TV. https://www.youtube.com/watch?v=FLTYz5qXnNA.

http://nasional.rimanews.com/kriminal/read/20150309/200680/Tiga-Pelajar-Pelaku-Begal-Depok-Diizinkan-Ikut-UN




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 

 


View Lentera Pendidikan Stats