PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK

Hastang Nur

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muha­da­­tsah dalam meningkatkan hasil belajar Maharah Kalam siswa. Penelitian ini me­ru­pakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek pe­ne­li­tian peserta didik kelas VIII MTs. Al-Faaizun Wa­tang Palakka kab. Bone. Pe­ngum­pulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan do­kumentasi dengan ins­tru­men unjuk kerja, pedoman observasi dan doku­men­ta­si. Data yang telah ter­kum­pul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan meng­gunakan analisa da­ta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) pada ta­hap inti proses pem­be­la­jaran dengan metode Muhadatsah diawali dengan pe­nam­ba­han kosakata baru, la­tihan teks Muhadatsah pada unsur morfologinya, contoh pe­lafadzan dan intonasi oleh guru, dan latihan bercakap secara berulang-ulang. 2). Peningkatan hasil be­la­jar Maharah Kalam melalui penerapan metode Mu­ha­da­tsah dapat terlihat pada ke­mampuan sebagian besar peserta didik bercakap ba­ha­sa Arab dengan meng­gu­na­kan mufrodat baru, lancar, fasih dari segi makharijul hu­ruf, bercakap dengan in­to­nasi yang tepat serta dengan morfologi yang sesuai 3) Ha­sil belajar peserta di­dik pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 78 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 82%.

Abstract

This study aims to find out how the application of Muhadatsah method in im­pro­ving student students speaking skill. This study is a Class­room Action Research con­sisting of 2 cycles with the subject of research stu­dents class VIII MTs. Al-Fa­a­izun Watang Palakka Bone Regency. Data collection is done by test, observation, and documentation with performance instrument, ob­servation and docu­men­ta­ti­on guidance. The data that have been collected from the results of this study will be analyzed by using quantitative data analysis. The re­sults showed that 1) the core stage of the learning process with the method Mu­hadatsah begins with the addition of new vocabulary, Muhadatsah text exercises on mor­phology elements, pro­nunciation and intonation by teachers, and repeated con­versation practice. 2). The increase of speaking skill through the application of Mu­hadatsah method can be seen in the ability of most learners to speak Arabic using new vocabularies, fluent in terms of pronouncing, conversing with ap­pro­priate intonation and mor­phology 3) Students’ learning achievement in cycle II in­creased significantly with an mean score 78 and 82% students has completed lear­ning standards.


Keywords


Metode muhadatsah; maharah kalam

Full Text:

PDF

References


Basyir, A. A. (1971). Muzakar al-ta’lim al-Kalam (al-muhadasah). Saudi Arabiyah li Daurah al-Tarbiyah al-Maksyafah.

Effendi, A. F. (2005). Metodologi Pengajarab Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Anshor, A. M. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya, Cet. 1; Yog¬ya¬kar¬ta: Teras.

Chejne, A. G. (1996). Bahasa Arab dan Peranannya dalam Sejarah. Jakarta.

Hermawan, A. (2013). Meteodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyidi, A. W. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. 1; Malang: UIN Malang Press.

Wa Muna. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras.

Yusuf, Tayar & Syaiful, A. (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Gra-findo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is hosted and published by

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (Teacher Training Institute)

Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

In collaboration with

Lecturer Consortium of Tarbiyah and Teacher Training

Creative Commons License

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan by http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/index is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License