PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK

Hastang Nur

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muha­da­­tsah dalam meningkatkan hasil belajar Maharah Kalam siswa. Penelitian ini me­ru­pakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek pe­ne­li­tian peserta didik kelas VIII MTs. Al-Faaizun Wa­tang Palakka kab. Bone. Pe­ngum­pulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan do­kumentasi dengan ins­tru­men unjuk kerja, pedoman observasi dan doku­men­ta­si. Data yang telah ter­kum­pul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan meng­gunakan analisa da­ta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) pada ta­hap inti proses pem­be­la­jaran dengan metode Muhadatsah diawali dengan pe­nam­ba­han kosakata baru, la­tihan teks Muhadatsah pada unsur morfologinya, contoh pe­lafadzan dan intonasi oleh guru, dan latihan bercakap secara berulang-ulang. 2). Peningkatan hasil be­la­jar Maharah Kalam melalui penerapan metode Mu­ha­da­tsah dapat terlihat pada ke­mampuan sebagian besar peserta didik bercakap ba­ha­sa Arab dengan meng­gu­na­kan mufrodat baru, lancar, fasih dari segi makharijul hu­ruf, bercakap dengan in­to­nasi yang tepat serta dengan morfologi yang sesuai 3) Ha­sil belajar peserta di­dik pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 78 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 82%.

Abstract

This study aims to find out how the application of Muhadatsah method in im­pro­ving student students speaking skill. This study is a Class­room Action Research con­sisting of 2 cycles with the subject of research stu­dents class VIII MTs. Al-Fa­a­izun Watang Palakka Bone Regency. Data collection is done by test, observation, and documentation with performance instrument, ob­servation and docu­men­ta­ti­on guidance. The data that have been collected from the results of this study will be analyzed by using quantitative data analysis. The re­sults showed that 1) the core stage of the learning process with the method Mu­hadatsah begins with the addition of new vocabulary, Muhadatsah text exercises on mor­phology elements, pro­nunciation and intonation by teachers, and repeated con­versation practice. 2). The increase of speaking skill through the application of Mu­hadatsah method can be seen in the ability of most learners to speak Arabic using new vocabularies, fluent in terms of pronouncing, conversing with ap­pro­priate intonation and mor­phology 3) Students’ learning achievement in cycle II in­creased significantly with an mean score 78 and 82% students has completed lear­ning standards.


Keywords


Metode muhadatsah; maharah kalam

Full Text:

PDF

References


Basyir, A. A. (1971). Muzakar al-ta’lim al-Kalam (al-muhadasah). Saudi Arabiyah li Daurah al-Tarbiyah al-Maksyafah.

Effendi, A. F. (2005). Metodologi Pengajarab Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Anshor, A. M. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya, Cet. 1; Yog¬ya¬kar¬ta: Teras.

Chejne, A. G. (1996). Bahasa Arab dan Peranannya dalam Sejarah. Jakarta.

Hermawan, A. (2013). Meteodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyidi, A. W. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. 1; Malang: UIN Malang Press.

Wa Muna. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras.

Yusuf, Tayar & Syaiful, A. (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Gra-findo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 


View Lentera Pendidikan Stats