EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA

Asriani Thahir

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dan hasil penerapan model pem­be­lajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian adalah penelitian eks­pe­rimen dengan desain true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nege­ri 2 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik ke­las X yang berjumlah 239 orang. Teknik penentuan sampel yaitu propotional ran­dom sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 70 orang. Instrumen be­ru­pa ran­cangan penelitian dan pedoman menulis teks eksposisi. Teknik pengum­pulan da­ta yaitu teknik tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan meng­gunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian me­nun­jukkan dengan Uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t in­dependen dan diperoleh nilai t sebesar 14,293 dengan derajat kebebasan 68 dan p-value (2 tailed) = 0,000. Karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05 atau t hitung 14,293 > t tabel 2,04 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis pro­­yek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta di­dik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa.

Abstract:

This study aims to examine the process and the results of the implementation of project-based learning model in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa. The type of research is experimental research. The research design is true experiment. This research was conducted in SMA Negeri 2 Sungguminasa. The population in this study is all students of class X which amounted to 239 people. The technique sampling used in this research was propotional random sampling and the selected sample is 70 students. Instruments used in this research were research planning exposition texts writing guidelines. Data collection techniques are written test techniques. The collected data is then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed by hypothesis test using inferential analysis of independent t-test type and obtained t value equals to 14,293 with degree of freedom 68 and p-value (2 tailed) = 0,000. Since the p-value <0,05 or 0,000 <0,05 or t value 14,293> t table 2.04, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted and it can be concluded that the application of project-based learning model is effective to be applied in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa.


Keywords


Proyek Basic Learning; Teks Eksposisi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Kebudayaan. (2013). “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)”, Bahan Presentasi. Kementrian Pendidikan dan Kebu¬dayaan.

Finoza, L. (2001). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dwadasa Sarana Bersama.

Gie, T. L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset.

Iskandarwassid & Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Mad¬rasah Aliyah. Jakarta.

Knapp, P., & Megan, W. (2005). Genre, Text, Grammar, Sydney: University of New South Wales.

Kompas. (2013). “Dana Kurikulum 2013 Dijanjikan Tepat Sasaran”, Kompas, 15 April 2013.

Mahsun. (2013). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks”, (Kompas Edu. 27 Februari 2013. Diakses pada tanggal 8 April 2013).

Rahaor, P. P. (2006). “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi melalu STAD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari II Malang”, Tesis, Tidak diterbitkan, Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainurrahman. (2011). Menulis: dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarism). Bandung: Alfa¬beta.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 


View Lentera Pendidikan Stats