PROFESIONALITAS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DDI PACONGANG PINRANG

Hermanto Hermanto

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pro­­fesionalitas kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan pada Mad­ra­sah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah: unsur pimpinan, tenaga kependidikan, dan siswa. Metode dan instrumen penelitian yang digunakan: teknik observasi, wawancara/interview, dan ang­ket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di Madrasah Tsa­nawiyah DDI Pacongang Pinrang adalah sebagai berikut: 1) manajemen madrasah, 2) anggaran pendidikan yang memadai, 3) optimalisasi kerjasama antara pihak madrasah dengan orangtua siswa. Hambatan yang dihadapi dan solusinya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran adalah: 1) rendahnya kualitas sarana fisik, 2) rendahnya kualitas guru, 3) rendahnya kesejahteraan guru, 4) rendahnya prestasi siswa,

Abstract:

The purpose of this research is to know the professionality of the head master of madrasah Tsanawiah DDI Pacongang Pinrang in improving the quality of education. The subjects of research were: school leaders, education personnel, and students. Methods and research instruments used: observation, interviews, and questionnaire. The result of the research showed that the factors that influence the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinrang were as follows: 1) madrasah management, 2) adequate education budget, 3) good cooperation between madrasah with parents. The obstacles faced in improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah DDI Pacongang Pinran were: 1) the low quality of physical facilities, 2) the low quality of teachers, 3) the low of teachers' welfare, 4) the low achievement of the students.


Keywords


Pendidikan; kepala madrasah; mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2000). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Good, C.V. (1973). Dictionary of Education, Third Edition. New York: McGraw-Hill: Book Company.

Hamalik, O. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet. Ke – 4; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

http://ayieenfysalhabsyie.blogspot.com/2012/03/karakteristik-guru¬profesional .html

http://makalahfrofesikependidikan.blogspot.com/2010/07/makalah-profesi-dan-pro¬¬¬fesional-guru.html.

Koontz, H. C. D., & Heinz, W. (1984). Management, Eight Edition 1. Auckland McGraw-Hill International Book Company.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan menghadapi Sertifikasi Guru, Cet. Ke-1, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Made, A. W (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (1992). Metode Penelitian Kualitatif, Cet. III; Bandung: Remadja RosdaKarya.

Mujib, F. (2012). Super Power In Educating (Kegiatan Belajar Mengajar Yang Super Efektif)., Yogyakkarta: Diva Press.

Mujtahid. (2010). Pemberdayaan Komite Sekolah. (Online). http: Mujtahidkomunitaspen¬di¬dik-an.blogspot.com/2010/05/pemberdayaan-komite-sekolah.html. diakses 07 Desember 2016.

Muzdalifah. (2008). Psikologi Pendidikan. Kudus: STAIN.

Nata, A. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam; Seri Kajian Fi/safat Pendidikan Islam, Edisi I; Cet. 11; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pidarta, M. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. I; Jakarta: Bina Aksara.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shihab, M. Q. (1994). Wawasan al-Quran. Bandung: Mizan.

Soetjipto & Raflis, K. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (1998). Metode Penelitian Administrasi, Edisi ke–5; Bandung: Alfabeta.

Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Cet. Ill; Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

_____. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 


View Lentera Pendidikan Stats