IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU

Abd. Wahid Tahir

Abstract


Abstrak:

Implementasi Manajemen madrasah mengandung dua aspek kajian, pertama kaji­an dalam dataran konsep suatu pendekatan dalam menjalankan usaha khusus­nya pada segmen pendidikan yang berupaya memaksimalkan daya saing melalui pe­nyempurnaan secara terus-menerus atas produk, manusia, proses, dan ling­ku­ngan organisasi atau lembaga, dan kedua kajian mencakup cara penyampaiannya, yang mencakup pada sepuluh karakteristik dari yaitu berfokus pada pelanggan (in­ternal dan eksternal); berobsesi tinggi pada kualitas; menggunakan pen­de­ka­tan ilmiah; menyempurnakan kualitas secara berkesinambungan; pendidikan dan pe­latihan; menerapkan kebebasan yang terkendali; memiliki kesatuan tujuan; ser­ta melibatkan dan memberdayakan pendidik dan peserta didik. Kedua aspek ter­sebut harus menjadi kesatuan yang utuh sehingga usaha dalam mencapai tujuan dapat diperoleh secara optimal.

Abstract:

Implementation Madrasah based management contains the meaning of appli­ca­tion management in madrasah to improve the quality of education. The main are­as in madrasah that can adopt the principles of quality management are: Applica­ti­on of quality management to improve administrative function in managing mad­rasah; Integrating Madrasah based management in Madrasah curriculum; Using madrasah-based management in the learning process, especially the pro­cess of learning in the classroom. The presence of madrasah based management re­sults in a change in conventional management. Improving the quality of edu­ca­tion centered on improving the quality of madarsah.

Keywords


Manajemen Madrasah; Mutu Madrasah

References


Arcaro, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Pe¬ne¬ra-pan. Cet. IV: Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Arifin, M. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Attas, S. M. N. (2009). Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembimbing Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I; Bandung: Mizan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depatemen Agama. (2006). Profil Madrasah Masa Depan, Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Is¬lam.

Fatah, N. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, P. (1997). Marketing Management, Alih bahasa, Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Agus Ha-san Pura Anggawijaya dengan judul: Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi, dan Kontrol. Jakarta: Kosasih Iskandariyah.

Makbuloh, D. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sis¬tem Penjaminan Mutu, Cet. I; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mantja, W. (2010). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Cet. I; Jakarta: LIPI.

Nata, A. (2008). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Panglaykim & Hazil, T. (2011). Manajemen Suatu Pengantar, Cet. XV; Jakarta: Ghalia Indo¬nesia.

Partanto, P. A., & Dahlan, M. (1994). Kamus llmiah Poputer, Surabaya: Arkola.

Poerwanegara, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu, Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pontjorini, E. R., dkk. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cet.I; Jakarta: Bumi Ak¬sara.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: Kalam Mulia.

Salindeho, J. (2009). Peranan Tindak Lanjut dalam Manajemen, Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.I; Jakarta: Kencana.

Shaleh, A. R. (2008). Penyelenggaraan Madrasah. Jakarta: Dharma Bakti.

Siagian, S. P. (2009). Filsafat Administrasi, Cet. I; Jakarta: Gunung Agung.

Tampubolon, D. P. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru

Manajemen Pendi¬dikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21, Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Terry, G. R., & L.W. Rue. (1982). Principle of Management, New York, Dow Jones-Irwin.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is hosted and published by

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (Teacher Training Institute)

Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

In collaboration with

Lecturer Consortium of Tarbiyah and Teacher Training

Creative Commons License

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan by http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/index is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License