MATHEMATIC TEACHERS’ PERCEPTION TOWARD THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013

Suharti Suharti, Ulfiani Rahman, Habibah Ulfayana

Abstract


Abstract:

This study aimed to find out the mathematic teachers’ perception about the implementation of Curriculum 2013 the tenth grade in one of schools in Makassar. This research was qualitative descriptive research. The subjects of this study were 4 Mathematic teachers of the tenth grade. Data obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis was done by reducing data through summarizing all of the result from interview, observation and documentation. Then, the data were presented in the form of narration and conclusion. The results of this study indicated that the Mathematic teachers’ perception toward the implementation of Curriculum 2013 got negative response. This result based on research analysis: First, the teachers described that Curriculum 2013 was complicated because the core competencies assessed the students from all aspects of attitude, knowledge and skills. Second, the teachers had misconceptions about the scientific approach implemented in Curriculum 2013 which was using discovery/inquiry learning or project based learning model however in reality the teachers used STAD model of cooperative learning. In this case, the lack of socialization had an impact on teachers in applying the Curriculum 2013.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru matematika tentang penerapan Kurikulum 2013 kelas sepuluh di salah satu sekolah di Makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 guru Matematika kelas X. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengurangi data melalui meringkas semua hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, data disajikan dalam bentuk narasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru matematika terhadap penerapan Kurikulum 2013 mendapat respon negatif. Hasil ini berdasarkan analisis penelitian: 1) guru menggambarkan bahwa Kurikulum 2013 rumit karena kompetensi inti menilai siswa dari semua aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. 2) guru memiliki kesalahpahaman tentang pendekatan ilmiah yang diterapkan dalam Kurikulum 2013 yang menggunakan pembelajaran penemuan/penyelidikan atau model pembelajaran berbasis proyek namun pada kenyataannya guru menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Dalam hal ini, kurangnya sosialisasi berdampak pada guru dalam menerapkan Kurikulum 2013.


Keywords


Mathematic Teachers’ Perception; The Implemetentation of Curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rahman, U., & Suharti. (2017). Persepsi Siswa tentang Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Al-Qalam, 23(2), 313–323. Retrieved from http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/405/297

Akuntono, I. (2014). Dikritik M Nuh Soal Penghentian Kurikulum 2013, Ini Komentar Anies Baswedan. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2014/12/08/12432531/Dikritik.M.Nuh.soal.Penghentian.Kurikulum.2013.Ini.Komentar.Anies.Baswedan

Guntur, M. I. S., Hiltrimartin, C., & Indaryanti. (2015). Persepsi Guru Matematika SMA di Kayuangung terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/2134/1290

Ibrahim, M. M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin University Press.

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kurikulum SMP-MTs. Jakarta: Mendikbud.

Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan Guru terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 4(1), 1–14. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/180/93

Mahanani, P. A. R. (2016). Persepsi Masyarakat terhadap Kegiatan Community Relations dan Citra Lembaga STAIN Kediri. Realita, 14(1), 35–48. Retrieved from https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/view/233/192

Mania, S. (2014). Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar: Alauddin University Press.

Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih. (2013). Hubungan antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(2), 315–330. Retrieved from https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/291

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda.

Napitupulu, E. L. (2013). Ujung Tombak Kurikulum Guru yang Selalu Kesepian. (A. Ferry & T. Indratno, Eds.). Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang, 722–733. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/55-Riana-Nurmalasari-Reta-Dian-Purnama-Wati-Poppy-Puspitasari.pdf

Rahman, U. (2014). Memahami Psikiologi dalam Pendidikan Teori dan Aplikasi. Makassar: Alauddin University Press.

Reportase Guru. (2016). Beginilah Tanggapan Mendikbud Baru, Muhajir Efendy Soal Intensif Guru & Perubahan Kurikulum. Retrieved from http://www.reportaseguru.com/2016/07/Begini-Tanggapan-Mendikbud-Baru-Muhadjir-Effendy-Soal-Insentif-Guru-dan-Perubahan-Kurikulum.html

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Sommeng, S. (2012). Psikologi Umum dan Pekembangan. Makassar: Alauddin University Press.

Umar. (2016). Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 6 Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(2), 182–195. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/2059/1984

Zaerani, S., Hasan, M., & Suharti. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang-Balang. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 279–292. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3616/pdf




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 


View Lentera Pendidikan Stats