Pedoman bagi Penulis

PEDOMAN PENULIS

Literatify : Trends in Library Developments hanya menerima manuskrip yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Mohon luangkan waktu 5 menit untuk membaca pedoman di bawah ini agar manuskrip yang Anda kirimkan nanti sesuai dengan aturan standar jurnal.

PEDOMAN UMUM:

  1. Penulis pertama-tama harus mengunduh layout jurnal kami DI SINI.
  2. Sesuaikanlah naskah Anda dengan layout Ms. Word tersebut. 
  3. Pastikan naskah Anda belum diterbitkan di tempat lain, atau sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di tempat lain.
  4. Gunakanlah APA Style dalam pengutipan dan penyusunan daftar pustaka. Kami sangat sarankan untuk gunakan Reference Tool pada Ms. Word, atau Mendeley dan Zotero.

SYARAT NASKAH:
  1. Naskah adalah hasil tulisan otentik.
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Editorial akan mengecek naskah dengan Turnitin.
  3. Naskah dikirim melalui Pengiriman Online menggunakan Open Journal System (OJS). Jika belum memiliki akun penulis, silahkan terlebih dahulu registrasi DI SINI
  4. Naskah yang tidak sesuai dengan layout tidak akan diproses
  5. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa akademik yang baik.
  6. Naskah minimal terdiri dari 3000 hingga 6000 kata termasuk gambar/ilustrasi ataupun tabel.
  7. Naskah ditulis pada kertas berukuran 17x24 cm, dengan margin kiri 2,5 cm, kanan 2,0 cm, bawah 2,0 mm, dan atas 2,5 cm (sesuai layout di atas).
  8. Istilah asing dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah atau kata-kata asing harus dihindari.
  9. Setiap gambar harus diberi keterangan (Gambar Keterangan) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti oleh judul tabel.
  10. KualitaS gambar dengan resolusi tinggi 300dp.

SISTEMATIKA ISI NASKAH
  • Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Itu tidak bisa beragam interpretasi. Itu harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ide-ide utama harus ditulis pertama dan diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dalam dua belas kata, font berukuran 12pt, dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah. Sementara itu, abstrak harus ditulis dalam maksimum 200 kata dan diikuti oleh tiga hingga lima kata kunci.
  • Pendahuluan (Min. 1000 kata) harus mengandung (singkat dengan kalimat terstruktur) latar belakang umum yang disertai dengan tinjauan literatur sebagai dasar dari pertanyaan penelitian baru, pernyataan dari artikel ilmiah baru, masalah penelitian utama, dan hipotesis. Paragraf akhir pendahuluan sebaiknya menekankan apa pentingnya tulisan ini. Sebaiknya lebih banyak rujukan dari sumber-sumber primer serta jurnal nasional/internasional.
  • Metode (Min. 150 kata)menyebutkan jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan, responden/informan penelitian, teknik analisis data, ruang lingkup, dan hal-hal penting lainnya yang dapat disebutkan.
  • Hasil dan Diskusi (Min. 2500 kata) menyebutkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang ditemukan, bukan manipulasi. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan. Gaya bahasa ditekankan dengan standar tinggi akademik. 
  • Kesimpulan (Min. 500 kata) berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulannya akan menjadi jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian, dan penemuan penelitian. Kesimpulan tidak harus hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi. 
  • Referensi/Daftar Pustaka (Min. 15 bahan bacaan) gunakan APA Style (minimal 7th edition). Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus terdaftar di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan paling sedikit adalah 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir.