ANALISIS PERILAKU WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK-OBYEK WISATA DI KABUPATEN GOWA

Asdi -

Sari


Keragaman obyek wisata di Kabupaten Gowa memerlukan suatu strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik perilaku dan motivasi wisatawan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada- tidaknya  perbedaan  yang  significant  perilaku  wisatawan  dalam  memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Gowa, dengan menjaring  sebanyak 200 wisatawan sampel sebagai responden, pada enam lokasi obyek wisata. Untuk menentukan wisatawan sampel menggunakan teknik    cluster sampling, quota sampling dan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis Kai–Kuadrat (X2). Hasil olah dan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan   yang significant perilaku wisatawan dalam memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa berdasarkan karakteristik wisatawan dengan indikator ; suku/asal daerah, kedudukan dan peran keluarga usia / tahap siklus hidup, dan indicator  pengetahuan / proses belajar


Kata Kunci


Karakteristik wisatawan, prilaku wisatawan memilih obyek wisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Stanton William Y Lamarton ; 1985, Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Kother, Philip ; 1995, Manajemen Pemasaran, Prenhalindo, Jakarta

Kotler, Philip & Armstrong; 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Kusmayadi, dan Sugiarto, Endar, 2000, Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu; 2002, Prilaku Konsumen, PT. Refika Aditama, Bandung

Marpaung, Happy, 2002, Pengetahuan Kepariwisataan, Alfabeta, Bandung.

Muljadi, 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soewantoro, Gamal ; 2001, Dasar-Dasar Pariwisata, Andi, Yogyakarta

Sudijono, Anas ; 1989, Pengantar Statistik Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta

Pitana, I Gede, dan Surya Diarta, I Ketut, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Andi,Yogyakarta.

Wahab, Salah; 1997, Pemasaran Pariwisata, PT. Praduya Paramita, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24252/minds.v4i01.3154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.