ANALISIS KLASTER UNTUK PENGELOMPOKKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI SULAWESI SELATAN BERDASARKAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT

Wahidah Alwi, Muh Hasrul

Abstract


Setiap negara yang menjadi tujuan utama dalam pembangunan adalah peningkatan kesejahteraan rakyat.  Salah satu penyebab dari permasalahan kesejahteraan rakyat adalah pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tidak terlaksana secara merata atau dengan kata lain pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di suatu daerah tidak tepat sasaran. Maka dari itu salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah pengidentifikasian karakteristik berdasarkan tingkat kesejahteraan rakyat tiap daerah sehingga pemerintah dapat mengambil atau memutuskan kebijakan dan strategi yang baik/tepat sasaran dalam pembangunan. Dalam penilitian ini akan dibahas mengenai pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat dengan analisis cluster. Dimana analisis cluster merupakan teknik pengelompokkan objek-objek berdasarkan kemiripan karakteristik yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan beberapa indikator kesejahteraan rakyat. Salah satu metode dalam analisis cluster  untuk mengelompokkan adalah metode Average Linkage yaitu metode yang ditentukan dari rata-rata jarak seluruh objek pada cluster lainnya. Dari hasil analisis diperoleh bahwa pengelompokkan 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan dapat dibentuk tiga kelompok (cluster), yaitu Cluster 1 terdiri 21 Kabupaten/Kota, Cluster 2 terdiri 2 Kabupaten/Kota, dan Cluster 3 terdiri 1 Kabupaten/Kota.


Keywords


Analisis Cluster, Average Linkage.

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. 2015. “Indikator Kesejahteraan Rakyat Sulawesi Selatan Tahun 2015”. Makassar : BPS Provinsi Sulawesi Selatan.

Ermawati. 2012. “Statistika Multivariat Terapan”. Makassar : Alauddin University Press.

Johnson, Richard & Dean. 2007. “Applied Multivariate Statistical Analysis Sixth Edition”. New York: Prentice-Hall International.Mattjik, Ahmad Ansori & I Made Sumertajaya, “Sidik Peubah Ganda dengan Menggunakan SAS” . Bogor : IPB Press.

Laraswati, Tri Febriana. 2014. Perbandingan Kinerja Metode Complete, Linkage Metode Average Linkage, dan Metode K-means Dalam Menentukan Hasil Analisis Cluster. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Machfudhoh, Siti dan Nuri Wahyuningsih. ”Analisis Cluster Kabupaten/Kota Berdasarkan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur”. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, Vol. 2, No.1 (2013). http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-3759 7-1 210100028-paper.pdf.

Rahmawati , Lina, dkk. ”Analisis Kelompok Dengan Menggunakan Metode Hierarki Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kesehatan”. Jurnal Jurusan Matematika Fakultas MIPA (2013). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/matematika/article/ view/27363/0.

Rizki, Rizal, dkk. “Analisis Cluster dalam Mengidentifikasi Tipe Kawasan Berdasarkan Karakteristik Timbulan Sampah Rumah Tangga di Perkotaan Kabupaten Jember”. Jurnal Teknik POMITS Vol. 2, No.1 (2013). http:// digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-37202-3610100043_paper.pdf.

Safitri, Diaf, dkk. ”Analisis Cluster Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Berdasarkan Produksi Palawija”. Media Statistika Vol. 5, No.1 (2012). http://ejournal. undip.ac.id/index.php/media_statistika/article/view/4520/4125.

Santoso, Singgih. 2010. “Statistik Multivariat”. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Yuliato, Safa’at dan Kishera Hilya.H. “Analisis Klaster Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat”. Jurnal Statistika, Vol. 2, No.1 (2014). http://download.portalgaruda.org/article.php?article=161548&val=5093&title=analisis%20klaster%20untuk%20pengelompokan%20kabupaten/kota%20di%20provinsi%20jawa%20tengah%20berdasarkan%20indikator%20kesejahteraan%20rakyat.




DOI: https://doi.org/10.24252/msa.v6i1.4782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.