Petunjuk Penulis

Petunjuk Penulis

 

1.   Pendahuluan

Naskah harus disiapkan oleh penulis dengan baik dan dikoreksi untuk meminimalkan dari kesalahan isi atau kesalahan ketik (typografi). Naskah disusun dalam format satu kolom dan tidak tidak menggunakan penomoran pada bagian-bagiannya. Huruf yang digunakan adalah Cambria ukuran 11.5 untuk seluruh bagian. Semua paragraf agar disusun dalam format justified. Antar paragraf jangan diberi baris kosong. Hindari penyajian satu paragraf hanya berisi satu kalimat.

Mengingat ruang lingkup jurnal penelitian arsitektur, maka penulis perlu cermat menyiapkan naskah yang sesuai. Untuk itu agar diperhatikan bahwa bagian-bagian pada judul, kalimat pertama pada abstrak, paragraf pertama pada pendahuluan, tujuan, permasalahan, pembahasan dan kesimpulan masing-masing harus terkait erat dengan aspek arsitektur.

Jumlah halaman dibatasi maksimum 3 halaman dan disajikan tanpa ada sub judul lain. Pendahuluan agar disiapkan secara padat dengan menunjukkan “state of the art” dari isi naskah. Pendahuluan berisikan latar belakang masalah termasuk informasi hasil-hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya, perumusan masalah dan tujuan penelitian. Bagian ini harus ditunjang dengan kajian referensi primer (jurnal) untuk memberikan informasi kebaruan naskah. Jumlah referensi primer (jurnal) dan referensi terkini (dengan tahun 10 tahun terakhir) disyaratkan sekitar 80 % dari seluruh referensi yang digunakan.

Pendahuluan tidak mengandung sub bagian tinjauan pustaka secara khusus. Apabila terdapat bagian perhitungan agar dimasukkan sebagai bagian dari metode. Perumusan masalah agar ditulis dalam format narasi, bukan dengan daftar rumusan masalah. Format penyajian menggunakan kalimat berita bukan dengan kalimat tanya.Tujuan agar ditulis dalam format narasi masuk dalam paragraf dan bukan menggunakan list penomoran. Tujuan dapat diringkas menjadi lebih informatif dalam satu kalimat menurut Syam (2005).

2. Penulisan Judul, Nama dan Alamat Penulis

Judul artikel, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis ditulis rata tengah pada halaman pertama di bawah judul artikel. Jarak antar baris antara judul dan nama  penulis adalah 2 spasi, sedangkan jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah 1 spasi. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak untuk masing-masing bahasa, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma dengan jumlah kata 3-5 kata. Untuk artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, tuliskan terjemahan judul dalam bahasa Inggris di bagian awal teks abstrak berbahasa Inggris (lihat contoh di atas).

Penulis Penanggungjawab atau Penulis Korespondensi atau Corresponding Author harus ditandai dengan tanda asterisk diikuti tanda koma “1)” seperti contoh di atas. Di bagian bawah kolom kiri halaman pertama/abstrak harus dituliskan tanda Penulis Penanggungjawab atau Penulis Korespondensi atau Corresponding Author dan dituliskan pula alamat emailnya (lihat contoh). Komunikasi tentang revisi artikel dan keputusan akhir hanya akan dikomunikasikan melalui email Penulis Korespondensi.

Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dipisahkan oleh koma (,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, kata pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata, namun demikian di versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata (Camdali & Tunc, 2006; Fridman, 2008).

3. Petunjuk Umum Penulisan Naskah Manuskrip

Naskah manuskrip yang sudah memenuhi petunjuk penulisan jurnal Nature (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus dikirimkan melalui salah satu cara berikut ini:

  1. Mengisi Formolir Pendaftaran Penulis (Form Registrasi) dan Pengiriman naskah manuskrip melalui E-mail ke email Editorial Jurnal Nature (jurnalnature@uin-alauddin.ac.id)
  2. Pengiriman naskah manuskrip dengan Online Submission System di portal E-Journal Nature (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nucturenature/login) setelah didaftarkan sebagai Penulis dan/atau Reviewer oleh manager journal nature.

Petunjuk Penulisan Artikel dan template dapat diunduh di alamat berikut ini:

Petunjuk submit manuskrip secara daring dapat dilihat di bagian Petunjuk Submit Online di bawah. Naskah manuskrip yang tidak sesuai petunjuk penulisan jurnal Teknik akan dikembalikan ke Penulis terlebih dahulu sebelum dilanjutkan proses penelaahan.

Naskah manuskrip yang ditulis harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah berikut (sub judul sesuai urutan), yaitu: (a) Judul Artikel, (b) Nama Penulis (tanpa gelar), (c) Alamat Afiliasi Penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Bahan dan Metode, (g) Hasil dan Pembahasan, (h) Kesimpulan, (i) Ucapan terima kasih (jika ada), dan (j) Daftar Pustaka.

Penulisan sub judul di bagian isi artikel (Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan) harus diberi nomor urut format angka Arab berurut dimulai dari angka satu. Sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Title Case dan disusun rata kiri tanpa garis bawah. Sub-sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Sentence case dan disusun rata kiri dan menggunakan format penomoran level dua.

Naskah manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimum 10 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah manuskrip harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak (Camera ready). Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 1.9 cm, margin kanan 1.9 cm, margin  bawah 1.9 cm  dan margin atas 1.9 cm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Cambria dengan ukuran font 11 pt (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak), berjarak satu spasi, dan dalam format 1 kolom (kecuali bagian  judul artikel, nama penulis, dan abstrak). Jarak antar kolom adalah sejauh 10 mm.

Kata-kata atau istilah asing digunakan huruf miring (Italic). Sebaiknya hindari penggunaan istilah asing untuk artikel berbahasa Indonesia. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat.

Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

4. Petunjuk Khusus Penulisan Isi Naskah Manuskrip

Judul Artikel: Judul Artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf kapital secara simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Kemukakan terlebih dahulu gagasan utama artikel baru diikuti dengan penjelasan lainnya.

Abstrak: Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dengan menggunakan font Cambria Italic dengan ukuran 10 . Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil.

Pendahuluan: Mengingat ruang lingkup jurnal penelitian Arsitektur, maka penulis perlu cermat menyiapkan naskah yang sesuai. Untuk itu agar diperhatikan bahwa bagian-bagian pada paragraf pertama pada pendahuluan, tujuan, permasalahan, pembahasan dan kesimpulan masing-masing harus terkait erat dengan aspek Arsitektur. Pendahuluan tidak mengandung sub bagian tinjauan pustaka secara khusus. Apabila terdapat bagian perhitungan agar dimasukkan sebagai bagian dari metode. Perumusan masalah agar ditulis dalam format narasi, bukan dengan daftar rumusan masalah. Format penyajian menggunakan kalimat berita bukan dengan kalimat tanya.Tujuan agar ditulis dalam format narasi masuk dalam paragraf dan bukan menggunakan list penomoran. Tujuan dapat diringkas menjadi lebih informatif dalam satu kalimat menurut Syam (2005). Komposisi pendahuluan sebesar 20% dari jumlah halaman.

Metode: Pada bagian ini minimal memuat informasi-informasi berupa Waktu dan Lokasi, Prosedur, dan Analisis Data. Jika perlu bagian Prosedur juga dapat berisikan bagian-bagian lain.Waktu penelitian perlu diinformasikan secara spesifik. Untuk bagian lokasi dapat diberi gambar peta lokasi yang jelas. Prosedur penelitian agar dituliskan dengan narasi yang jelas. Hindari penyajian prosedur penelitian dengan menggunakan skema. Analisis data perlu diinformasikan dengan detail. Komposisi metode sebesar 10% dari jumlah halaman.

Hasil dan Pembahasan: Bagian ini diawali dengan paragraf pengantar tentang hasil. Penulis perlu menyusun bagian ini dengan pembagian yang sistematis guna membantu pembaca. Format bagian ini agar tidak dipisahkan antara bagian hasil dan bagian pembahasan. Penyajian data agar memuat hasil akhir, tanpa ada data mentah hasil pengukuran. Jika penulis menganggap data mentah diperlukan, maka agar diberikan sebagai lampiran. Komposisi hasil dan pembahasan sebesar 60% dari jumlah halaman.

Kesimpulan: Kesimpulan agar diubah dalam bentuk pernyataan umum dan tidak berisi rekapitulasi data hasil penelitian. Pada bagian ini sudah tidak ada lagi penyajian ulang tentang data-data penelitian seperti yang sudah disajikan di bagian sebelumnya. Jika ada saran agar dimasukkan sebagai bagian dari pembahasan atau dapat juga sebagai bagian dari kesimpulan. Kesimpulan agar dibuat dalam format paragraf dan tidak menggunakan daftar bernomor. Kalimat pengantar pada kesimpulan agar dihilangkan. Pada bagian kesimpulan dapat pula ditambhakn pengakuan penulis terhadap temuan penelitiannya, kebaruan penelitian, kelebihan dan kekurangan dari penelitian, serta rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Komposisi kesimpulan sebesar 5% dari jumlah halaman.

Daftar Pustaka: Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley atau Zotero.

5. Panduan Penulisan Persamaan

Setiap persamaan ditulis rata tengah kolom dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung dan ditempatkan di bagian akhir margin kanan. Persamaan harus dituliskan menggunakan Equation Editor dalam MS Word atau Open Office (Primack, 1983).

6. Panduan Penulisan Kutipan/Rujukan Dalam Teks Artikel

Setiap mengambil data atau mengutip pernyataan dari pustaka lainnya maka penulis wajib menuliskan sumber rujukannya. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/teks dengan cara nama penulis dan tahun (Irwan dan Salim, 1998). Jika penulis lebih dari dua, maka hanya dituliskan nama penulis pertama diikuti “dkk” atau “et al.” (Bezuidenhout dkk., 2009; Roeva, 2012). Semua yang dirujuk di dalam teks harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya, semua yang dituliskan di Daftar Pustaka harus dirujuk di dalam teks (Wang dkk., 2011).

7. Panduan Penulisan Daftar Pustaka

Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley atau Zotero. Format penulisan yang digunakan di jurnal Teknik adalah sesuai dengan format Chicago Manual of Style (edisi ke-15 atau 16)

a. Referensi yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Zulkarnain AS. “Wujud Arsitektural Rumah Tradisional Duri Asli di Kabupaten Enrekang.” Nature : National Academic Journal of Architecture 2, no. 2 (2015): 130–37.

 b. Referensi yang berupa judul buku:

Marwati. (2015).Transformasi Konsep Perancangan. Gowa: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Gowa: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

 c. Referensi yang berupa Prosiding Seminar:

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.

 d. Referensi yang berupa disertasi/thesis/skripsi:

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.

 e. Referensi yang berupa paten:

Primack, H.S. (1983). Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions. US Patent No. 4,373,104

 f. Referensi yang berupa Hand Book:

Hovmand, S. (1995). Fluidized Bed Drying. In Mujumdar, A.S. (Ed.) Handbook of Industrial Drying (pp.195-248). 2nd Ed. New York: Marcel Dekker.

 

8. Petunjuk Submit Manuskrip Secara Online

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui salah satu cara berikut ini (cara yang kedua lebih diutamakan):

Download Template Word

  1. Pengiriman naskah manuskrip sebaikmya dengan Online Submission System di portal E-Journal Nature (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nucturenature)
  2. Pertama Penulis mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang telah disediakan dalam bagian author guidelines. (Form Registrasi)
  3. Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation
  4. Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
  5. Di bagian Upload Submission, silakan unggah file manuskrip artikel dalam MS Word di bagian ini.
  6. Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
  7. Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya.
  8. Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
  9. Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring, naskah manuskrip dapat juga dikirimkan melalui E-mail ke email Editorial Jurnal Nature (jurnalnature@uin-alauddin.ac.id), namun demikian metode ini tidak direkomendasikan.

9. Kesimpulan

Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial jurnal Nature harus mengikuti petunjuk penulisan ini. Jika artikel tersebut tidak sesuai dengan panduan ini maka tulisan akan dikembalikan sebelum ditelaah lebih lanjut.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.