MODEL PENGELOLAAN SAMPAH PERMUKIMAN DI KELURAHAN TUNJUNG SEKAR KOTA MALANG

Sudiro Sudiro, Arief Setyawan, Lukman Nulhakim

Sari


Kota Malang adalah salah satu wilayah di Jawa Timur yang menjadi tujuan wisata dengan pertumbuhuna penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai kawasan perkotaan pertumbuhan fasilitas penunjang serta perdagangan dan jasa cukup pesat, sehingga penduduk juga semakin banyak. Akibatnya, adalah kepadatan penduduk semakin meningkat. Di sisi lain, aktifitas perkotaan dan komponennya termasuk penduduk, merupakan salah satu sumber sampah yang besar. Sehingga pengelolaan persampahan menjadi prioritas yang layak diutamakan. Di satu sisi pengelolaan sampah permukiman harus dilakukan sesuai dengan karakteristik wilayahnya agar optimal. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi langsung dilapangan terhadap aktivitas masyarakat dalam pengelolaan sampah, sarana dan prasarana pengelolaan sampah. Penelitian ini juga mengkaji timbulan sampah,komposisi serat karakteristik sampah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat disampaiakan sebagai berikut : (1) Pola pengelolaan sampah sebagian besar masih menggunaakan pola Kumpul-Angkut-Buang, (2) Sarana dan Prasarana Pengelolaan sampah tersedia namun belum memadai jika dikaitkan dengan paradigma pengelolaan sampah yang lama (3) Timbulan sampah rata-rata sebesar 2,73 L/org.hari atau 0,28 kg/orang.hari (4) Komposisi sampahnya adalah organik basah 60,65% dan 39,35% Anorganik. (5) Keterlibatan masyarakat untuk mengelola sampah berbasis 3R cukup signifikan. Berdasarkan kondisi seperti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Model Pengelolaan Sampah di Tunjung Sekar dapat dilakukan dengan sistem 3R berbasis masyarakat. Salah satu aplikasi dari model ini adalah dengan upaya daur ulang sampah yang dihasilkan.


Kata Kunci


sampah; permukiman; pengelolaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2006. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 21 Tahun 2006 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Sistem Pengelolaan Persampahan. Kementerian Pekerjaan Umum.

Anonim. 2008. Undang – Undang No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Pemerintah Republik Indonesia.

Anonim. 2017. Monografi Kelurahan Tunjungsekar.

Anonim. 2012. Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Pemerintah Republik Indonesia.

Anonim. 2013. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Kementerian Pekerjaan Umum.

Hariastuti, Niluh Putu. 2013. Pemodelan Sistem Normatif Pengelolaan Sampah Kota. Jurnal IPTEK Vol 17 No.1 Mei 2013.

Jumar, dkk. 2014. Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. eJournal Administrative Reform. Volume 2, Nomor 1 , 2014: 771-782.

Ruslinda, Yenni., dkk. 2012. Studi Timbulan, Komposisi Dan Karakteristik Sampah Domestik Kota Bukittinggi. Jurnal Teknik Lingkungan UNAND 9 (1), 2012 : 1-12.

Wahyuni, Endah Tri., dkk. 2014. Optimalisasi Pengelolaan Sampah Melalui Partisipasi Masyarakat an Kajian Extended Producer Responsibility (EPR) Di Kabupaten Magetan. Jurnal EKOSAINS Volume VI No. 1 Maret 2014.

Yogiesti , Viradin.,dkk. 2010. Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kediri. Jurnal Tata Kota dan Daerah Volume 2, Nomor 2, Desember 2010.




DOI: https://doi.org/10.24252/planomadani.v7i1a10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota is indexed by

Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota

ISSN Print:  2301-878X ISSN Online: 2541-2973

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.idaarah@uin-alauddin.ac.id