Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0

H.B.A Jayawardana, Rina Sugiarti Dwi Gita

Abstract


Pembelajaran merupakan proses interaksi yang sangat penting yang dilakukan oleh peserta didik dengan guru agar tercipta suasana belajar dan mengajar yang bermakna. Belajar akan lebih bermakna apabila proses pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered learning) dan mendorong peserta didik lebih aktif (student active learning). Oleh karena itu, di era digital seperti sekarang ini guru perlu melakukan inovasi pembelajaran yang modern, termasuk pada pembelajaran biologi. Paradigma bahwa pelajaran biologi oleh sebagian peserta didik dianggap sebagai salah satu pelajaran hafalan harus segera dihilangkan dengan melakukan inovasi pembelajaran yang lebih modern, kekinian, dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini. Dengan adanya revolusi industri 4.0 sekarang ini yang melibatkan penggunaan teknologi digital dan internet untuk semua (internet of things), inovasi pembelajaran biologi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang penting diperhatikan adalah bagaimana cara mengubah paradigma lama dalam pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0; apa saja yang harus dilakukan dalam rangka menyambut revolusi industri 4.0; dan inovasi pembelajaran apa yang harus dipersiapkan di era revolusi industri 4.0.




DOI: https://doi.org/10.24252/psb.v6i1.15544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Biologi Indexed by: 

 

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Web Analytics Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

OFFICIAL ADDRESS
Department of Biology, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jl. H.M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, South Sulawesi, Indonesia. 92113

Email: biologi@uin-alauddin.ac.id