PERANG SALIB Telaah Historis dan Eksistensinya

Tasmin Tangngareng

Sari


Perang Salib yang merupakan tragedi umat Islam terbesar dalam sejarah yang menyebabkan kerugian yang sangat besar, baik harta maupun jiwa, namun ada sisi positifnya yaitu pasikan Islam  berhasil memantapkan penguasaannnya terhadap wilayah-wilayah  yang dikuasainya dan mengusir pasukan salib serta memulangkan mereka dengan kekalahan.Tetapi itu semua tidak banyak manfaatnya bagi kaum muslimin karena wilayah-wilayah tersebut sudah lama merka kuasai sebelum kedatangan pasukan salib. Adapun yang melatar belakangi timbulnya Perang Salib  yaitu agama, politik, dan sosial serta ekonomi.  Disamping itu, Perang Salib  dapat dibagi tiga periodesasi yaitu; periode pertama yaitu periode penaklukan (1085-1144 M), periode kedua, yaitu periode reaksi umat Islam (1144-1192 M), periode ketiga, yaitu periode kehancuran Perang Salib (1192-1291 M).

Kata Kunci


Perang Salib; Harta; Jiwa; Ekonomi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Ahmad. Yaum al-Islam, diterjemahkan oleh Abu Laila dan Muhammad Tohir dengan judul” Islam dari Masa ke Masa” Cet. III; Bandung : Remaja Rosda Karya, 1993.

Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam, jilid 4 Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hove, 1993.

Fattah, Said Abdul Asyur, Al-Harakah al-Shalibiyah, diterjemahkan oleh Muhammad Mahrus Muslim dengan judul “ Kronologis Perang Salib” Jakarta: Fikahati Aneksa, 1993.

Harun, M. Yahya. Perang Salib dan Pengaruh Islam di Eropa, Cet. I; Yogyakarta: Bina Usaha

Hitti, Philip K. The Arabs a Short History, diterjemahkan oleh Usuludin Hutagalung dan O.D. P. Sihombing dengan judul” Dunia Arab Sejarah Ringkas” , Cet. II; Bandung: Votkink Van Hoeve, t.th.

Montgomery, William Watt, The Inpluence of Islam on Medival Europe, diterjemahkan oleh Hendro Prasetyo dengan judul” Islam dan Peradaban Dunia Pengaruh Islam atas Eropa Abad Pertengahan” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1995.

Shalaby, Ahmad, Masu`ah al-Tarikh al-Islam wa al-Khadarah al-Islamiyah, juz V Cairo: al-Nahdhah al-Mishriyah, 1477.

Sou`yb, Joesoef. Orientalisme dan Islam Cet . II; Jakarta: Bulan Bintang, 1990

Syaf, Mahyuddin. Detik-Detik Menentukan dalam Sejarah Islam, Surabaya: Bina Ilmu, t.th.

Syalabi, Mahmud Shalah al-Din al-Ayyubi, diterjemahkan oleh Abdullah Madany d Dengan judul “ Salahuddin al-Ayyubi Pahlawan Perang Salib” Solo: Pustaka Mantik, t.th.

Syou’yb, Joesoef. Sejarah Daulah Abbasiyah, Jilid III Jakarta : Bulan Bintang, 1978.

Von, G.E. Grunebaun, Classical Islam A History 600-1258 AD Chicago : Aldine Publishing Company,1970.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.