PERAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN MANGROVE (Studi Terhadap Pengelolaan Mangrove di Lantebung)

Ziaul Haq Nawawi, Anggriani Alamsyah, Inayah Hasan

Abstract


Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Salah satunya  adalah mangrove, sebuah sumber menyatakan  bahwa Indonesia mempunya lebih dari 30 jenis mangrove yang tersebar di berbagai pulaunya. Mangrove tidak hanya dapat dimanfaatkan secara ekonomis, tetapi juga dalam sosial serta budaya. Atas dasar tersebut maka pengelolaannya juga membutuhkan peran semua pihak, baik pemerintah, sawsta, terlebih masyarakat. Salah satu ciri negara modern adalah negara dan rakyat yang sama kuatnya. Hal ini bisa dicapai dengan memfokuskan segala energi dan daya upaya untuk mencapai kedaulatan dan kesejahteraan rakyat. Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk membuat kebijakan dan mengimplementasikan kebijakan yang bermuara pada kedua hal tersebut, termasuk didalamnya pengelolaan mangrove.

Keywords


Kesejahteraan Rakyat; Mangrove; Masyarakat

References


Creswell, John W. 2007. Qualitative Inquiry and Research Design (2nded). Sage Publication.

Irwanto. 2008. Irwantomangrove.webs.com

Nugroho, Riant. 2012. Public Policy (Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Soeroyo. 1992. Sifat, Fungsi dan Peranan Hutan Mangrove. Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi – LIPI.

Sonjaya, Jajang Agus . 2007. Kebijakan untuk Mangrove Mengkaji Kasus dan Merumuskan Kebijakan. International Union for Conservation of Nature (IUCN) and Natural Resources & Mangrove Action Project

Sulistyaningsih, Dian. et al. Mangrove, Ekosistem Penyelamat Lingkungan, Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.




DOI: https://doi.org/10.24252/.v11i2.4539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SULESANA: Jurnal Wawasan Keislaman is indexed by:

    

ISSN Online :  2615-1456

ISSN Printed :  1978-3760

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: (0411) 841879 Fax: (0411) 8221400

Email: sulesana@uin-alauddin.ac.id

Flag Counter

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats