RADIKALISME DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MASYARAKAT ISLAM DI KELURAHAN SAMATA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Nihaya Nihaya

Abstract


Radikalisme menjadi permasalahan yang menarik untuk dikaji saat ini. Karena menjadi pusat perhatian para anti Islam untuk mengobok-obok eksistensi Islam dari satu sisi. Selalu agama Islam menjadi identik dengan radikalisme. Pada penelitian ini ingin membuktikan bahwa konsep radikalisme yang diisukan itu berbeda dengan realitas yang ada. Penelitian ini mengangkat judul radikalisme dan pengaruhnya terhadap pemahaman masyarakat Islam di kabupaten Gowa. Respons kognitif responden terhadap radikalis memenunjukkan tingkat pengetahuan responden secara umum masih pada tataran permukaan berkenaan dengan radikalisme agama. Sangat sedikit responden yang memiliki pengetahuan mendalam serta aktif mengikuti perkembangan kelompok radikal baikmelaluibuku bacaan maupunlainnya.

Respons afektif responden terhadap variabel-variabel radikalisme agama menunjukkan kecenderungan sikap moderat dari sebagian besar responden terhadap radikalisme agama. Respons moderat responden dalam kaitannya dengan hubungan sosial dengan penganut agama lain serta tentang pandangan mengenai hubungan agama dan Negara.

Respons konatif responden menunjukkan potensi radikalisme agama yang terimpleentasi dalam sikap radikalmasih sangat kecil.hanya sebagian kecil responden yang menunjukkan sikap radikalismenya dalam merespons kategori-kategori radikalisme agama pada tataran konatf. Hal ini menunjukkan bahwa radikalisme agama masih belum menjamah secara umum umat Islam dari berbagai barisan,baik dari kalangan masyarakat umum, kalangan terpelajar, maupun kalangan tokoh agama.

Keywords


Radikalisme; Masyarakat Islam; Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Bayu Indra Grafika, 1998).

http://theglobejournal.com/varia/faktor-ekonomi-sebabkan-radikalisme-agama/index.php

http://blog.umy.ac.id/sakinah/2011/11/16/globalisasi-radikalisme-islam-di-indonesia-ditinjau-dari-segi-sosial-budaya/




DOI: https://doi.org/10.24252/sulesana.v12i1.5655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SULESANA: Jurnal Wawasan Keislaman is indexed by:

    

ISSN Online :  2615-1456

ISSN Printed :  1978-3760

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: (0411) 841879 Fax: (0411) 8221400

Email: sulesana@uin-alauddin.ac.id

Flag Counter

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats