Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimoderasi Kepemimpinan Transformasional pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone

Muh. Akil Rahman, Judarsa Yasin

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai serta untuk mengetahui perubahan hasil kinerja pegawai yang dipengaruhi oleh kecerdasan emosional setelah dimoderasi oleh kepemimpinan transformasional pada pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik dan terkhir uji hipotesis dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana dan moderat regression analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai serta terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai yang dimoderasi kepemimpinan transformasional. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa kepemimpinan transformasional mampu meningkatkan kinerja pegawai di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual : Jilid I Edisi Revisi. Jakarta: PT Arga Tilanta.

Anasrulloh, Muhammad. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada 3 BMT Di Tulungagung).” Jema 11 (1).

Apriyanti. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Etis Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah ( Studi Empiris Pada BPK-RI dan BPKP Perwakiloan Provinsi Riau ).” Jurnal JOM Fekom 1 (2).

Asmadi, Didi, Bambang Syairudin, dan Erwin Widodo. 2015. “Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimoderasi Kepemimpinan Transformasional.” Prosiding Seminar nasional manajemen Teknologi XXII.

Bana, Azizil. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Pemediasi (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kediri).” Jurnal Bisnis dan Manajemen 3 (1).

Dewi, Sari Permata. 2012. “Pengaruh Pengendalian Internal Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan SPBU Yogyakarta (Studi Kasus Pada SPBU Anak Cabang Perusahaan RB.Group).” Jurnal Nominal 1 (1).

Eman, Mochammad reza Azhar, dan Yoyok Soesatyo. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Supervisor Dengan Efektifitas Komunikasi Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Ilmu Manajemen 2 (4).

Fahmi, Irham. 2013. Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung

Gozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23: Edisi Delapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

K, Nofi Yenti, Machsin, dan Chairul Amsal. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Disiplin Terhadap Kinerja Perawat Pada R.S PMC Pekanbaru.” Jurnal Jom FEKOM 1 (2).

Kharis, Indra. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan BANK Jatim Cabang Malang).” Jurnal Administrasi Bisnis 3 (1).

Kurniawan, Robert dan Yuniarto, Budi. 2016.Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya Dengan R. Jakarta: Kencana

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder ( Edisi Revisi 2 ). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Murti, Harry. 2013. “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiun.” Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi 1 (1).

Muttaqiyathun, Ani. 2010. “Hubungan Emotional Quotient, Intelectual Quotient dan Spiritual Quotient Dengan Entrepreneur’s Performance.” Jurnal Manajemen Bisnis 2 (3).

Paisal, dan Susi Anggraini. 2010. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada LBPP-LIA Palembang.” Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi Ke-I.

Prasetyo, Hendra Dwi. 2017. “Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Bersinergi Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan PT. Bangun Papan Selaras.” Media Mahardika 15 (2).

Rahmasari, Lisda. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan.” Majalah Ilmiah Informatika 3 (1).

Rivai, Veitzhal, dkk. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, P stephen dan Coulte, Mary. 2010. Manajeme: Edisi Kesepuluh Jilid 2.Jakarta: Penerbit Erlangga

Suhartini, Eka. 2016. Buku Daras Islamic Human Resource Management. Makassar: Alauddin University Pres

Sule, Ernie Tisnawati dan Saefullah, Kurniawan. 2005. Pengantar Manajemen : Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Group

Supriyanto, Achmad Sani, dan Eka Afnan Troena. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi di Bank Syari’ah Kota Malang).” Jurnal Aplikasi Manajemen 10 (4).

Suryani dan Hendrayadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Heri, dan Nuraini Aisyah. 2010. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Kerja Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen.” Jurnal Magistra 22 (74)

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tampi, Bryan Johannes. 2014. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BANK Negara Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado).” Journal Acta Diurna 3 (4).

Tampubolon, Biatna Dulbert. 2016. “Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan Dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001.” Jurnal Standarisasi 9 (3)

Wibowo. 2015. Perilaku Dalam Organisasi: Edisi Kedua Cetakan Ke 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persadda.

Yugusna, Indra, Azis Fathoni, dan Andi Tri Haryono. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dan Kedisiplinan Karyawan (Studi Empiris Pada Perusahaan SPBU 44.501.29 Randu Garut Semarang).” Jurnal Of Management 2 (2).

Yusuf, Muhri. 2014. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Zainal, Veitzhal Rivai, dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi: Edisi Keempat. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.