Analisis Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Tingkat Penyaluran Kredit Pada BPR di Kota Makassar

Andi Mulia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan Tingkat Kecukupan Modal (Capital Adequaty Ratio/CAR) dan kredit bermasalah terhadap Tingkat Penyaluran Kredit tahun 2016-2019 pada BPR di Kota Makassar, pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah BPR yang ada di Kota Makassar. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 80 Sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengunduh laporan keuangan Publikasi triwulan BPR tahun 2016-2019 dari Website Bank Indonesia setelah melewati tahap purposive sampling maka sampel yang layak digunakan sebanyak 5 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil  serta uji hipotesis dengan Ievel of significance 5%. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan metode persamaan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kecukupan Modal berpengaruh positif  terhadap Jumlah Penyaluran Kredit pada BPR di Kota Makassar tahun 2016-2019. Hasil penelitian uji F menunjukkan tingkat kecukupan modal  berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit. dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 42,5%. Hal tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam mempengaruhi variabel dependen sementara 57.5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.

 

Kata kunci: BPR, Kecukupan modal, dan Penyaluran Kredit


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Masyud. (2004). Asset LiabilityManagement: Menyiasati Risiko Pasar dan Risiko Operasional. Jakarta: PT.Gramedia.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2008. Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.

Bank Indonesia, Retrieved from https://www.bi.go.id/id/Default.aspx

Budiawan. Analisis Faktor-faktor yang Memepengaruhi Penyaluran Kredit Pada BPR ( Studi Kasus pada BPR di Wilayah Kerja BI Banjarmasin). Tesis Program Manajemen Universitas Diponegoro Semarang. 2008.

Darmawan, Komang. (2004). Analisis Rasio-Rasio Bank. Info Bank, Juli, 18-21 Laporan Pengawasan Perbankan 2008, Bank Indonesia. Retrieved from www.unhas.ac.id

Galih, Tito Adhitya. (2011). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Return On Assets, Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Jumlah Penyaluran Kredit Pada Bank Di Indonesia(Studi Empiris: bank yang terdaftar di BEI). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivarian dengan Program SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro, 2009.

Ikatan Bankir Indonesia, Manajemen Risiko I: Mengindentifikasi Risiko Pasar, Operasional, Dan Kredit Bank (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015), hal. 67

Kasid, Manajemen Risiko. Ghalia Indonesia. Bogor. 2010, hal. 167

Kasmir. (2003).Manajemen Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lukman, Dendawijaya, Management Perkreditan Bagi Bank Komersil, Edisi keempat, Yogyakarta: BPFE, 2001.

Meydianawathi, Luth Gede, ”Analisis Prilaku Penawaran Kedit Perbankan Kepada Sector UMKM di Indonesia (2002-2006)”, Buletin Studi Ekonomi, Volume 12 Nomor 2.

Moch Soeharto, ” Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Pada Bank Perkreditan Rakyat, Tesis. Semarang: Program Studi Magister manajemen Universitas Diponegoro, 2004.

Mulyono, Teguh Pudjo. 1996. Manajemen Perkreditan Bagi Bank Komersil. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Siama Dahlan, Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan Moneter dan perbankan, Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI, 2010.

Sofyan, M. (2015). Pengaruh LDR, CAR, NPL, BOPO, ROA, dan DPK Terhadap Kredit Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Kabupaten Magetan: Periode Pengamatan Tahun 2008 - 2014. Jurnal Eksekutif, 12(2).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Warjiyo. (2005). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Wartono dan Litfan, ”Analisis Pengaruh Modal, Dana Pihak Ketiga Terhadap Penyaluran Kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan BangKa Belitung”, Jurnal. Program Pascasarjana Universitas Tridinanti Palembang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKS:

PENGELOLA:

Program Studi Manajemen, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia


Contact Person: Miftah Farid (+6281355550165)