Pengaruh Tunjangan kinerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan

Akhmad Jafar

Sari


Adanya pegawai yang sudah keluar kantor sebelum jam istirahat tiba dan tidak kembali lagi dengan waktu istirahat yang telah ditentukan, tingkat kehadiran pegawai yang kurang ketika pimpinan tidak berada ditempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan variabel tunjangan kinerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel. Sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik probability sampling dimana populasi dilakukan secara random atau acak sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang untuk terpilih sebagai sampel. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji normalitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis (yang terdiri dari uji F dan uji T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tunjangan kinerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel. Dan secara simultan tunjangan kinerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel. Koefisien korelasi juga menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas yaitu tunjangan kinerja dan lingkungan kerja dengan variabel terikat yaitu kinerja kuat karena berada di interval 0,60 – 0,799.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.

Enterprise, Jubile. SPSS Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Fitri, Nur Immani dan Andre Dwijanto Witjaksono. “Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Komitmen Organisasi melalui Motivasi”. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 2 No. 3 (2014): h. 1080-1083.

Fathoni, Abdurrahmat. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rineka Cipta.

Fyandi, Herman. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha ilmu, 2008.

Ghozali, Imam. Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Semarang: BP Undip,2013

Https://hsudiana.wordpress.com/2009/07/08/ayat-ayat-al-quran-yang-berkenaan-dengan-pekerjaan/ (20 September 2019 pukul 20.00).

Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. Edisi ketiga, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2008

Kasmir. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Pratek). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016

Logahan, Jerry Marcellinus. (2009). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Pekerjaan Terhadap Kinerja Pekerja di PT Nemanac Rendem. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Masri, Rasyid Abd. Manajemen Sumber Daya Manusia (analisis hasil penelitian sosial). Makassar: Alauddin University Press, 2013

Mathar, Quraisy. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu Perpustakaan. Makassar: Alauddin University Pers, 2013.

Mangkunegara, Anwar Prabu AA. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M. Fais Sastrianegara. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Norianggono, Y., Hamid, D., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan PT Telkomsel Area III Jawa-Bali di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1-10.

Rabia dan Fatima Afsheen. (2012). How to Boost Employee Performance: Investigating the influence of Transformational Leadership and Work Environment in a Pakistani Perspective. Middle-East Journal of Sxientific Research 11 (10): 1455-1462.

Ruky, Achmad S. (2001). Manajemen Penggajian dan Pengupahan Untuk Karyawan Perusahaan. Edisi Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riandani, Wahyu. “Hubungan Pelatihan dan Tujangan dengan Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Elnusa di Kota Balikpapan”. e-Journal Administrasi Bisnis, Vol3 No. 4 (2015): h. 884.

Rosady, Ruslan. Metode Penelitian (Public relation dan komunikasi). Jakarta: Rajawali pers, 2003.

Santosa, Purbayu Budi. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Andi, 2005.

Sirajuddin, Saleh. “Pengaruh Tunjangan Kinerja terhadap Kinerja Pegawai pada BAUK Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol 5 No. 1 (2015): h. 122 – 123.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2014.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV Mandar Maju.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta

Widarjono, Agus. Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia, 2005.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Yasa, S. dan Utama, M. (2014). Pengaruh tujangan dan lingkungan kerja terhadap kepuasaan kerja dan kinerja karyawan pada Karma Jimbaran. E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(3), 609-623


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEKS:

PENGELOLA:

Program Studi Manajemen, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia


Contact Person: Miftah Farid (+6281355550165)