JURNALISTIK ISLAMI DI MEDIA MASSA

Qudratullah Qudratullah

Abstract


Media massa saat ini menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan untuk berkomunikasi. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang diikuti dengan perkembangan media massa. Media massa telah menjadi industri besar di tengah kehidupan masyarakat. Jangkauan pengiriman pesan dari komunikator kepada komunikan juga sangat luas sehingga penyebaran informasi juga semakin mudah dan cepat. Media saat ini sering kali digunakan sebagai alat untuk menyampaikan dakwah dari da’i kepada mad’u. Dalam dunia jurnalistik, para jurnalis dianggap tidak hanya sekedar sebagai penyampai informasi tetapi juga dianggap sebagai penyeru kebajikan. Jurnalis yang idealnya melakukan kegiatan jurnalistik dapat dikatakan layaknya seorang da’i yang diistilahkan sebagai jurnalistik dakwah. Jurnalistik dakwah merupakan sebagai suatu proses meliput, mengolah, dan menyebarluaskan berbagai peristiwa dengan muatan nilai-nilai kebenaran yang sesuai dengan ajaran Islam, khususnya yang menyangkut agama dan umat Islam. Jurnalistik dakwah sering kali diidentikkan dengan dakwah melalui tulisan atau biasa disebut dakwah kitabah. Dakwah kitabah yaitu proses penyampaian ajaran Islam melalui bahasa tulisan bisa berupa buku, majalah, jurnal, surat kabar, pamflet, dan brosur yang berisikan pesan-pesan keislaman. Dakwah tersebutlah yang dilakukan oleh para jurnalis yang menyebarluaskan pesan dakwah melalui informasi aktual dan kebenaran melalui tulisannya di media massa.


Keywords


Jurnalistik Islami, dakwah, media massa

Full Text:

PDF

References


Rivers, William L. dan Cleve Mathews.Ethic for The Media diterjemahkan oleh Arwah Setiawan dan Danan Priyatmokop.Jakarta: Gramedia. 1994.

Severin, Warner J.dan James W. Tankard. Jr.Teori Komunikasi, Sejarah, Metode dan Terapan di Dalam Media Massa .Cet. 5. Jakarta: Kencana. 2009.

Romli,Asep Syamsul M.Jurnalistik Dakwah: Visi dan Misi Dakwah Bil Qolam. Bandung: Rosdakarya. 2003.

Kementerian Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahnya. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2016.

Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan Kesan, dan Keserasian Al-qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Romel.Dasar-Dasar Jurnalistik Dakwah.Jakarta: Romeltea Media, 2009.

Persatuan Wartawan Indonesia Sulawesi Selatan.Kode Etik Jurnalistik. Makassar: PWI Sulsel. 2006.

Cangara, Hafied. Komunikasi Politik: Konsep Teori dan Strategi. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.2014.

Romli.Majalah Al-Islamiyah. Yogyakarta: Nomor 31 Tahun XIV. 2007.




DOI: https://doi.org/10.24252/jdt.v18i2.4704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dakwah Tabligh is indexed by

 

ISSN Print: 1412-7172 ISSN Online: 2549-662X

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jtabligh@uin-alauddin.ac.id

Creative Commons License