STRATEGI KOMUNIKASI ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN (AJI) MAKASSAR DALAM MEMBANGUN KARYA JURNALISTIK DENGAN PERSPEKTIF GENDER

Wardah Wardah, Rusli Rusli

Abstract


Pemberitaan tentang isu perempuan di media massa seringkali diskriminatif dan bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi AJI Makassar dalam membangun karya jurnalistik yang berperspektif gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan sejumlah 5 orang yang terdiri atas ketua AJI Makassar dan jurnalis seniorlainnya. Pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Hoeberman yaitu mereduksi data, mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam beberapa unit, mendeskripsikan serta membuat kesimpulan. Hasil daripenelitian ini menunjukkan empat strategi komunikasi AJI yang diterapkan dalam membangun karya jurnalistik yang berperspektif gender yaitu membangun relasi, pengembangan Informasi, pendampingan, dan publikasi karya jurnalistik yang representatif gender.Beberapa faktor yang mendukung dan menghambat  strategi komunikasi yang dilakukan adalah proses komunikasi, sarana dan prasarana, faktor internal berupa keterbatasan fisik dan psikis serta faktor eksternal berupa tekanan dari lembaga, deadline liputan, dan penugasan di luar daerah.


Keywords


Strategi Komunikasi, Gender, Gender dalam Pemberitaan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi, sebuah pengantar ringkas. CV. Armico: Bandung

Ardianto, E.L. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung

Argenti, Paul. 2008. Corporate communication. McGraw-Hill Education

Arikunto, Suharsini. 2001. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta

Azis, Asmaeni. 2006. Kesetaraan Gender dalam Prespektif Sosial Budaya. Yapma: Makassar

Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana: Jakarta

Cangara, Hafied, 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada: Jakarta

Cutlip dkk. 2005. Effective PR (edisi 8).

Effendy, Onong Uchjana. 2001. Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

........................................ 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

.......................................... 2006.Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS: Yogyakarta

............. 2003. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS: Yogyakarta

Fakih, Mansour. 2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. INSIST Press: Jakarta

Freddy, Rangkuti, 2009. Strategi Promosi yang Kreatif: Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Koodiran dkk. 2001. Peningkatan Partisipasi Wanita dan Pengembangan Hubungan Industrial yang Berwawasan Gender di awasan Timur Indonesia. Laporan penelitian hibah bersaing VII/3 perguruan tinggi tahun 2001.

Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Raja grafindo persada: Jakarta

Pratiwi, Adelia. 2012. Strategi Komunikasi Direktoral Penyiaran dalam mengkomunikasikan peraturan dan kebijakan proses perizinan penyiaran. (Fisip UI): Jakarta

Ruslan, Rosady.2003.Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Smith, D. Ronald. 2005.Strategic Planning for public relation. Secon Edition. Lawrence Erlbaum Associates Publisher: London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Dakwah Tabligh is indexed by

 

ISSN Print: 1412-7172 ISSN Online: 2549-662X

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jtabligh@uin-alauddin.ac.id

Creative Commons License