MANDI JUNUB DALAM TINJAUAN AL-QUR’AN DAN SAINS (KAJIAN TAHLILI TERHADAP QS. AL-NISA/4: 43)

Muhammad Arfain, Aan Parhani, Mujetaba Mustafa

Abstract


Artikel ini merupakan tulisan terhadap salah satu bahasan tentang bersuci sebelum melakukan suatu ibadah, sebagaimana yang terdapat dalam al-Qur’an yang menjelaskan kata junub pada QS. al-Nisa’/4: 43: Bagaimana urgensi mandi junub, manfaat dan relevansinya terhadap sains serta pengaruh mandi junub terhadap kesehatan. dalam peneltian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang mandi junub yang disebutkan dalam QS. al-Nisa’/4: 43 serta melakukan tinjauan dari aspek sains. Metode yang digunakan adalah tulisan pustaka yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tafsir dan pendekatan saintifik. Tulisan ini menggınakan tafsir tahlili untuk mengolah data yang dikumpulkan. Dari tulisan ini menunjukkan bahwa, pentingnya seseorang mandi ketika dalam keadaan junub bukannya hanya karena ketentuan melakukan suatu ibadah terkhusus salat harus dalam keadaan bersih/suci, tetapi juga dapat mengembalikan peredaran darah laki-laki dan perempuan, membersihkan pori-pori kulit dari peluh yang mengandung racun yang disebabkan bersetubuh dan menghilangkan bau yang disebabkan dari darah haid dan nifas.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an al-Karim

Amir, Majdah. Simplified Fiqih Encyclopedia: Questions & Answer. Terj. AhsanuRofiqi, FiqihPraktisEmpatMazhab(Cet. I: PT. Qaf Media Kreativa, 2017.

Al-As}fahani, Al-Ragib. al-Mufradat fi Garib al-Qur’an. Cet. I; Beirut: Dar al-Qalam, 1412 H.

Asse, Ambo.Ibadah Sebuah Petunjuk Praktis.Cet. III; Makassar: Alauddin Press, 2010.

Al-Azadi<, ‘Ali< bin al-H{asan al-Hunai. Al-Munajjad fi< al-Lugah: AqdamMu’jamSyamil li al-Musytarik al-lafz}i<. Cet. II; Kairo: ‘A

Aziz, Azniwati Abdul dkk., “MengkagumiSyari’at Islam Menerusi Ayat Al-Qur’an: Satu PenilaiandariSudutSaintifik”: Makalah yang Disajikan pada The 2nd Annual International Qur’anic Confrence, 2012.

Al-Bagawi, Abu>Muhammad al-H{usain bin Mas’u>d bin Muhammad al-Farra’. Ma’alim al-tanzil fiTafsir al-Qur’an. Juz I. Cet. I; Beiru>t: Dar Ihya’ al-Turas| al-‘Arabi<, 1420 H.

Al-Bazzar, Abu> Bakr Ahhmad bin ‘Amru> bin ‘Abd al-Khaliq. Musnad al-Bazzar. Juz 10. Cet.I; Madinah: Maktabah al-‘Ulu>m wa al-Hukm, 2009 M.

bin Zakariya, Abu al-H{usain Ahmad bin Faris.Mu’jam Maqayis al-Lugah. t.tp.: Dar al-Fikr, 1319 H/1979 M.

Dahlan, Abdul Aziz. Ed; EnsiklopediaHukum Islam. Jilid 3. Cet. IV; Jakarta: IctiarBaru Van Hoeve, 2000.

Al-Faifi, Sulaiman Ahmad Yahya. RingkasanFikih Sunnah Sayyid Sabiq. Terj. Ahmad Tirmidzi. Cet. V; Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2017 M.

Fikri. “Pengaruh Wudhu BagiKesehatan”. Skripsi:Jakarta: Fak. Ushuluddin, 2010.

Isnani, Arifah Nur. “PeranPembelajaran PAI dalamPengamalan Mandi Wajib Pada PesertaDidikUsiaBalig di SMPN 6 Yogyakarta”. Skripsi: Yogyakarta: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN SunanKalijaga, 2017.

Al-Ju’fi, Muhammad bin Isma’il Abu> ‘Abdillah al-Bukhari. S{ahih al-Bukhari. Juz 1. Cet. I; t.tp: Dar T{auq al-Najah, 1422 H.

Kementerian Agama RI.Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Media Fitrah Rabbani, 2009.

Mahadhir, M. Saiyid. Sudah Mandi WajibHaruskah Wudhu Lagi?.t.ct; Jakarta: Lentera Islam, t.t.

Al-Naisabu>ri, Muslim bin al-H{ajjaj Abu> al-H{asan al-Qusyairi. S{ahih Muslim. Jilid 1. Beiru>t: Dar IhyaI al-Turas al-‘Arabi, t. th.

Pranggono, Bambang. MukjizatSainsdalam al-Qur’an: MenggaliInspirasiIlmiah (Cet. V; Bandung: Ide Islami, 2008.

Al-Qasimi<, Muhammad Jamal al-Dit: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1418 H.

Qaniyi, Hamid S{adiqdkk. Mu’jamLugat al-Fuqaha’. Juz I. Cet. II; Dar al-Nufais li al-T{aba’ah, 1988.

Al-Qurt}ubi<, Abu> ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abi< Bakr Syam al-Di

Qut}b, Sayyid.Fi< Z{ilal al-Qur’an.Terj. As’ad Yasin, dkk., Tafsir fi< Z{hilalil Qur’an: Di Bawah Nuaungan al-Qur’an. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Salim, Abd. Muindkk., MetodologiTulisan Tafsir Maud}u>’i. Cet. I; Jakarta: PustakaArif, 2012.

Samidi. “Konsep Al-Gusldalam Kitab FiqihManhaji”. Analisa 17, No. 1 Januari: 2010.

Sarwat, Ahmad. FiqihThaharah. Cet. I; Jakarta: DU Center Press, 2010.

Shihab, M. Quraish; ed. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata, Jilid1. Cet.I;Jakarta: LenteraHati, 2007.

-------.Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. I; Bandung: Mizan, 2013.

Shuhufi, Muhammad. PembacaanFiqihSosialatasFiqihIbadah. Cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2013.

Suryadilaga, M. Alfatihdkk., MetodologiIlmu Tafsir. Cet. I; Yogyakarta: Teras, 2005.

Syafi’i, Imam. Ringkasan Kitab al-Umm.Terj. Mohammad Yasir Abd Mutholib. Juz 1. Jakarta: Pustaka Azzam.

Syaikh Ahmad bin Musthafa al-Farran. Tafsir al-Imam asy-Syafi’i. Terj. FedrianHasmand, dkk; Tafsir Imam Syafi,i.Cet. I; Jakarta: Almahira, 2008.

T.n, “Manfaat dan KeutamaanDibalikdariPerintah Mandi Wajib”, BacaanMadani, https://www.bacaanmadani.com/2016/08/manfaat-dan-keutamaan-dibalik-dari.html. (Diakses pada 20 Oktober 2019).

Triyono, Neno. Syarah Kitab Gusl Min Sahih Bukhari. tc; Tangerang: Al-FaqiirIlallah, 2014.

‘Umar, AhmadMukhtar ‘Abd al-H{amid. Mu’jam al-Lugah al-‘Arabiyah al-Mu’as}arah. Juz I. Cet. I; t.tp: ‘A

Usman, Muhammad Dalip.Membaca Sains Al-Qur’an.Cet. I; Annora Media Group, 2017.

Utomo, Happy FerdianSyah. “Mandi 2 Kali SehariTernyataTakBaikuntukTubuh”, Liputan 6, 10 Februari 2018. https://www.liputan6.com/global/read/3272615/mandi-2-kali-sehari-ternayata-tak-baik-untuk-tubuh-ini-alasannya (Diakses pada 20 Oktober 2019).

Al-Zuhaili<, Wahbah bin Mus}t}afa. Al-Tafsi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.