APLIKASI METODE TAHLILI DALAM FIQHI AL-HADIS (Telaah Kitab Subul al-Salam, Hadis tentang Sucinya Air)

Andi Darussalam

Abstract


kitab Subul al-Salam karya al-Shan'ani merupakan kitab syarah hadis yang mengaplikasikan metode tahlili. Kitab ini, terdiri atas empat jilid, atau empat juz yang mensyarah hadis-hadis sebanyak 1447 hadis yang bersumber dari kitab Bulug al-Maram karya al-Asqalani. Aplikasi metode tahlili yang digunakan al-Shan'aniy dalam kitab Subul al-Salam dominan adalah berdasar pada penguraian makna yang dikandung oleh suatu hadis, hadis demi hadis, sesuai dengan urutan bab dari kitab yang menjadi obyek kajiannya. Uraian tersebut menyangkut berbagai aspek yang dikandung oleh hadis itu, seperti pengertian kosakata, konotasi kalimatnya, Asbab al-Wurud-nya serta pendapat para pen-syarah sebelumnya. Aplikasi metode tahlili dalam kitab Subul al-Salam dapat dikembangkan lebih lanjut. Misalnya dalam hal ini adalah, tentang sucinya air dengan matan hadis إن الماء لا ينجسه شيئ (Sesungguhnya air itu (suci) tidak dinajiskan oleh sesuatu). Setelah dilakukan takhrij, dipahami bahwa hadis ini diriwayatkan secara maknawi. Al-Shan’âny menjelaskan bahwa terjadi perbedaan pendapat ulama dalam memahami hadis ini, terutama dalam hal statuta air suci yang bercampur dengan najis yang tidak berubah salah satu sifatnya, yakni baunya, rasanya dan warnanya.


References


Al-Qur'an al-Karim,

Al-Hadīś al-Syarīf

Amin, Ma’ruf. et. all., Ibadah. Ujung Pandang: LSI UMI, 1995

Al-Farmāwy, Abd. al-Hayy. al-Bidāyat fi al-Tafsīr al-Mawdū’iy. Kairo: al-Hadhārah al-‘Arabiyah, 1977.

Al-Husniy al-Dimasyqiy al-Syafi’iy, Imam Taqiy al-Din Abi Bakr bin Muhammad al-Hasiniy. Kifayah al-Akhyar fiy Gayah al-Ikhtishar, juz I. Syirkah al-Ma’arif li al-Thaba’ah wa alNasyr, t.th.

Ibn Asir, Izud al-Din Abu al-Hasan ‘Ali. Usd al-Gabah Fi Ma’rifat al-Sahabah, jili I. t.t. al-Sy’ab, t,th.

Ibn Hanbal, Abu 'Abdillah Ahmad. Musnad Ahmad, disertai catatan pinggir (hamisi) dari 'Ali bin Hisam al-Din al-Mutqiy, Muntakhab Kanz al-Ummal fi Sunan al-Aqwal wa al-Af'al. Bairut: al-Maktab al-Islami, 1978.

Ibn Majah, Abdullah Muhammad bin Yazid. Sunan Ibn Majah. Indonesia: Maktabah Dahlan, t.th.

Ismail, M. Syuhudi. Metodologi Penelitian Hadis. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

. Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual. Jakarta: Bulan Bintang 1994.

Al-Jaziry, bd. Rahman. Kitab al-Fiqh ‘Ala Mazahib al-Arba’ah, juz I.Cet. I; Beirut: Dar al-Fikr, 1989.

Ma’luf, Louis. Al-Munjid fiy al-Lugah. Cet.XII; Beirut: Dar al-Masyriq, 1977.

Al-Qushaymiy, ‘Abdullāh bin ‘Aliy al-Najdy. Musykilāt al-Ahādīts al-Nabawiyyah, diterjemahkan oleh Kathur Suhardi dengan judul Memahami Hadits Musykil. Solo: Pustaka Mantiq, 1993.

Rasdiyanah, Andi. "Kata Pengantar" dalam Machmud Suyuti, Syarah Hadis-hadis Kontroversial. Cet.I; Makassar: Yapma, 2006.

Sabiq, Sayyid. Fiqh al-Sunnah, juz I. Beirut: Dar al-Kutub al-Arabiy, 1987.

Al-Shan’aji, Sayyid Imam. Matan al-Ajrunumiyah Bi Syarah Mukhtashar Jiddan karya Ahmad Zaini Dahlan, diterjemahkan oleh Chatibul Umam dengan judul Pedoman Dasar Ilmu Nahwu. Cet. VII; Jakarta: Darul Ulum Press, 1995.

Al-Shan’aniy. al-Sayyid al-Imam Muhammad bin Ismail al-Kahlani. Subul al-Salam. Bandung: Maktabah Dahlan, t.th

Al-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman. Sunan Abu Dawud. Indonesia: Maktabah Dahlan, t.th.

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam. Jakarta: Djambatan, 1992

Al-Turmūziy, Abū Īsā Muhammad ibn Īsā ibn Śawrah. Sunan al-Turmūziy. Bairūt: Dār al-Fikr, t.th.

Wensinck, Arnold John. et al, Concordance et Indices De Ela Tradition Musulmanne, di-terjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh Muhammad Fu’ad ‘Abd. al-Baqy dengan judul al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Hadts al-Nabawy, juz V. Leiden: E. J.Brill, 1936.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.