ISLAM DAN INTEGRASI SOSIAL Pergumulan antara Islam dan Tradisi Masyarakat Bugis

Nurman Said

Abstract


Penelitian ini berusaha untuk memahami hal-hal pokok yang berkaitan dengan proses integrasi sosial yang terjadi di kalangan masyarakat muslim Bugis khususnya antara komunitas muslim pagama di satu sisi dengan muslim sossorang di sisi yang lain sebagai akibat langsung dari perbedaan kecenderungan pemahaman dan pengamalan keagamaan mereka.  Tuntutan untuk membina hubungan sosial yang baik antarsesama penganut Islam sebagaimana yang diisyaratkan dalam sejumlah ayat al-Qur’an maupun hadis Rasulullah saw. merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengamalan ajaran Islam secara keseluruhan. Adalah menarik untuk diteliti seberapa jauh pengaruh ajaran Islam terhadap perilaku sosial penganut-penganutnya.  Apakah realitas kehidupan sosial mereka, khususnya menyangkut pola-pola integrasi yang dilakoninya tumbuh dan berakar pada pemahaman ajaran agama yang dianutnya.  Ataukah justru perilaku sosial tersebut merupakan hal yang lebih menunjukkan kesadaran kultural yang tidak terkait dengan ajaran agama yang dianutnya.


References


Al-Qur’an dan Terjemahnya

Abu Hamid. Syekh Yusuf: Seorang Ulama, Sufi dan Pejuang. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1994.

Ahmad Saransi, Tradisi Masyarakat Islam di Sulawesi Selatan (Bugis: Biro KAPP Setda Sulsel bekerja sama Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Tradisi Masyarakat Sulawesi Selatan, 2003.

Blau, Peter M. Inequality and Heterogenity: A Primitive Theory of Sosial Structure. New York: The Free Press, 1977.

Goldziher, Ignaz. Introduction to Islamic Theology and Law. Diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Andras dan Ruth Hamori. New Jersey: Princeton University Press, 1981.

Haryanto. Elite, Massa dan Konflik. Yogyakarta: PAU-Studi Sosial UGM, 1993.

Mattulada.Latoa: Satu Lukisan Analitis terhadap Antropologi Politik Orang Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press, 1995.

_______.Menyusuri Jejak Kehadiran Makassar dalam Sejarah (1510-1700). Cet. I; Bugis: Bhakti Baru – Berita Utama, 1982.

Pirages, Dennis, C. Stabilitas Politik dan Pergolakan Konflik. Jakarta: FIS-UI, 1982.

Richard Niebuhr, Ricard. Christ and Culture. New York: Harper and Row, 1951.

Sunyoto Usman, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Suriadi Mappangara dan Irwan Abbas, Sejarah Islam di Sulawesi Selatan. Makassar: Biro KAPP Setda Propinsi Sulawesi Selatan dan Lamacca Press, 2003.

Tibi, Bassam.Islam and the Cultural Accommodation of Social Change, diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Clare Krojzl. Boulder, San Francisco, & Oxford: Westview Press, 1990.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.