MELACAK AKAR KESEJARAHAN HADIS NABI PRA-KODIFIKASI

Muhammad Abduh Wahid

Abstract


Banyak asumsi-asumsi yang menyeruak dan menggema dalam tubuh umat Islam maupun di luar Islam. Misalnya Goldziher dan Sprenger yang menyatakan secara eksplisit bahwa hadis tidak ditulis pada masa Nabi dan mulai diciptakan pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz.Sayyid Hasan al-Shadr dengan sedikit terbelenggu dengan fanatisme mazhab mengatakan bahwa kodifikasi hadis paling awal dari golongan Syiah dengan menyebutkan shahifah milik Ali bin Abi Thalib dan dipelihara oleh Rafi’ maula Rasullullah. Ada riwayat yang menyatakan bahwa Umar bin Khattab yang melarang penulisan hadis dan membakar kitab-kitab sunnah, memukul Abu Hurairah karena meriwayatkan banyak hadis dari Nabi, dan memenjarakan sebagian sahabat karena penulisan Hadis. Al-Azhami tak luput dari kritiknya yang tajam dengan meneliti asal usul riwayat tersebut  dan menyimpulkan bahwa hadis yang diperpegangi larangan periwayatan hadis pada masanya adalah tidak berdasar. Justru dalam pelbagai riwayat, Umar bin Khattab membolehkan dan menuliskan hadis Nabi seperti hadis tentang pemakaian kain sutera, dan kitab tentang shadaqat, dan tuhan beserta Rasulnya sebagai wali bagi mereka yang tidak memiliki wali. Demikian juga didapati banyak riwayat yang mengisahkan bahwa beliau berpegang pada hadis ahad bahkan pada persoalan genting sekalipun

References


Abu Zahw, Muhammad Muhammad, al-Hadits wa al-Muhadditsun, Cairo, Syirkah Musahamah Masriah, 1959.

Ajjaj al-Khatib, Muhammad, Ushul al-Hadits, Ulumuhu wa Mustalahuhu, Beirut : Dar al-Fikri, 1989.

Ajjaj al-Khatib, Muhammad, al-Sunnah qabla Tadwin. Cairo: Maktabah Wahibah, 1963.

Abbott, Nabia, Studies in Arabic Literary Papyri dalam An Antology of Islamic Studies, Canada : McGill Indonesia IAIN Develepment Project,1992.

al-Azhami, Muhammad Musthafa, Dirasat fi al-Hadits al-Nabawi wa Tarikh Tadwinihi, vol.1, Beirut: al-Maktab al-Islami, 1992.

Hamidullah, Muhammad, The Emergence of Islam, trans. Afzal Iqbal, Islamabad : Islamic research Institute,1993.

Izzan, Ahmad dan Nur, Saifudin, Ulumul Hadis, Bandung: Tafakur,2011.

Usmani ,Justice Muhammad Taqi, The authority of Sunnah. New Delhi : Kitab Bhavan,1784.




DOI: https://doi.org/10.24252/tahdis.v6i1.7142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TAHDIS: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis is indexed by:

    

View My Stats

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Gowa, Sulawesi Selatan

Contact: +6282344228117

Email: tahdis@uin-alauddin.ac.id

p-ISSN: 2086-7891 e-ISSN 2716-2109