Peran Organisasi FKPPI Dalam Keterpilihan Adnan Purictha Yasin Limpo Pada Pilkada Serentak 2015 Di Kabupaten Gowa

Andi Muh. Ibnu Rusyd, Ibrahim ., Achmad Abdi Amsir

Abstract


Penelitian ini mendiskusikan tentang peran organisasi masyarakat dalam keterpilihan Adnan Purictha Yasin Limpo pada Pilkada 2015 di Kabupaten Gowa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa organisasi masyarakat FKPPI memberi dukungan kepada Adnan Purictha Yasin Limpo pada Pilkada 2015 di Gowa dan strategi apa yang digunakan FKPPI untuk memenangkan Adnan Purictha Yasin Limpo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori organisasi, teori partisipasi dan teori strategi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Kesimpulan umum dalam penelitian ini adalah bahwa dukungan suara FKPPI terhadap pasangan Adnan dalam Pilkada 2015 itu adalah keputusan bersama yang dilakukan pengurus FKPPI, dimana didasarkan pada latar belakang keluarga Adnan yang bagian dari anggota FKPPI. Di samping itu, Adnan dianggap memiliki visi misi dan program pengembangan Kabupaten Gowa yang lebih baik. Adapun strategi yang digunakan FKPPI dalam memenangkan pasangan Adnan yakni dengan melakukan sosialisasi ke berbagai masyarakat dan juga fokus pada pemilih baru, yang sebelumnya dilakukan pengenalan karakteristik daerah, kemudian memetakan wilayah. 

Keywords


Strategi Politik, Organisasi FKPPI, Pilkada Serentak 2015

Full Text:

PDF

References


Abdullah Rozali, Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung, (Jakarta: Rajawali Pers,2010).

Abu Bakar Ebyhara, Pengantar Ilmu Politik, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2010).

Akhmad Subkhi dan Mohammad Jauhar, Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013).

Andi Imam Chalid, “Strategi Politik Pasangan Ramdhan Pomanto-Syamsul Risal (DIA) Dalam Memenangkan Pemilihan Walikota Makassar 2013”, Skripsi, (Makassar: Jurusan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015)

Bagong Suyanto dan Sutinah, Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, ( Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2005).

Cholisin dan Nasiwan, Dasar-dasar Ilmu Politik, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012).

Damsar, Pengantar Sosiologi Politik, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010).

Farra Aprilia Kawalod, Arie Junus Rorong, Very Yohanes Londa, “Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi Di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan”, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3 No. 31 (2015).

Gilang Komara Nugraha, “Peranan Organisasi Kepemudaan Dalam Membina Pribadi Yang Partisipatif di Masyarakat”, Skripsi, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013).

Lia Oktavijani,“Peranan Organinasi Gerakan Pemuda Ansor (GPA) dalam Penanaman Moral Generasi Muda di Kec. Purwodadi”, Skripsi, (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013).

Miriam Budiarjo, Dasar-Dasar Ilmu Politik, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,2008).

Muh Irfan Idris dan Nila Sastrawati, Sosiologi Politik, (Makassar: Alauddin Press, 2010).

Nielton Caves Durado, “Peran Organisasi Masyarakat Dalam Mengontrol Kebijakan Pemerintah”, Skripsi, (Manado: Universitas Sam Ratulangi, 2015).

Toni Andrianus, Efriza, Kemal Fasyah, Mengenal Teori-Teori Politik Dari Sistem Politik Sampai Korupsi, (Bandung: Nuansa Cendekia, 2010).

Wawancara

A, wawancara pada tanggal 29 Mei 2017.

Abduh (Warga), wawancara pada tanggal 27 Januari 2017.

Andi Surah (Ketua FKPPI), wawancara pada tanggal 21 November 2016.

Aswin (Anggota FKPPI), wawancara pada tanggal 21 Januari 2017.

D, wawancara pada tanggal 25 Mei 2017.

Haris Nasution (Pengurus FKPPI) , wawancara pada tanggal 23 Desember 2016.

Mumat (Pengurus FKPPI), wawancara pada tanggal 2 Desember 2016.

Nur Aeni (Anggota FKPPI), wawancara pada tanggal 22 Januari 2017.

Taufiq (Warga), wawancara pada tanggal 26 Januari 2017

Website, Arsip dan File

Arsip FKPPI. Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga.

Ilham Arsyam, “Adnan Fogging Bareng FKPPI Gowa”, situs resmi tribun timur. http://makassar.tribunnews.com /2015/08/30/adnan-fogging-bareng-fkppi-Gowa di akses pada 11 Agustus 2016.

File KPUD Kabupaten Gowa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VP (Vox Populi) is indexed by

Lisensi Creative Commons

EDITORIAL OFFICE

Department of Political Science Ushuluddin Faculty and Philosophy Alauddin State Islamic University of Makassar, Street H. M. Yasin Limpo, Samata-Gowa Call. (0411)841879 Fax(0411) 8221400, Email: vox.populi@uin-alauddin.ac.id

ISSN (print) : 2087-3360

ISSN (online) :