PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEUNGGULAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING STUDI PADA BANK MUAMALAT KCP. GOWA

Penulis

  • puspa siti hajar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sudirman
  • Nuraeni Gani

Kata Kunci:

Kualitas Informasi, Penerapan Nilai Islam, Kepuasan, Keunggulan Produk, Bank Muamalat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas informasi dan penerpan nilai islam terhadap kepuasan melalui keunggulan produk sebagai pariabel moderating studi pada Bank Muamalat KCP Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada nasabah Bank Mumalat KCP Gowa dan dianalisis menggunakan dengan analisis regresi. Data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastititas, uji persial (uji t), dan uji moderated regression analysis (MRA). Sampel penelitian terdiri dari 100 responden. Hasil penelitian menujukan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, penerpan nilai islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, keunggulan produk tidak dapat memoderasi pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan nasabah. Berdasrkan hasil uji MRA diketahui nilai Sig. sebesar 0,189 > 0,05. Keunggulan produk (Z) juga tidak mampu memoderasi penerpana nilai Islam (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y) berdasrkan hasil uji MRA diketahui nilai Sig. sebesar 0,242 > 0,05. Dari kedua variabel yang berpengaruh signifikan tersebut, kualitas informasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan nasabah pada Bank Muamalat KCP Gowa.

 

Referensi

Agusti, Hamdi. 2019. “‘Analisis Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Bank Syariah Di Pekanbaru.’” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance Volume 2 (Nomor 2).

Amarin, Shanaz, and Tri Indra Wijaksana. 2021. “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka Di Kota Bandung).” Business Management Analysis Journal (BMAJ) 4 (1): 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001.

Andriyani, Meli, and Riski Eko Ardianto. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank ( The Effect of Service Quality and Product Quality on Bank Customer Satisfaction ) Pendahuluan.” Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 01 (02): 133–40.

Asir, Muhammad, Dewi Puspitasari, Abdul Wahab, Muh Abduh Anwar, and Klemens Mere. 2023. “Purchasing Decisions : Literature Review Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Konsumen Dan Keputuan Pembelian Produk : Literature Review” 4 (2): 1790–1801.

Fadhillah, A., Zebua, Y., & Prayoga, Y. 2021. “Analysis of Information Quality, Trust and Satisfaction on Customer Participation (Case Study on Customer Online Shop Shopee In Rantauprapat.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4 (2).

G.W.I. Awal Habibaha, Wawa Zahwa. 2023. “Pengaruh Penerapan Nilai Nilai-Nilai Nilai Islam Pada Bank Berbasis Syariah” 2 (1).

Gofur, Abdul. 2019. ““Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan".” Urnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4 (1): 37–44.

Harahap, Yoga Pratama, Muhammad Irwan Padli, Padli Nasution, and Sri Suci Ayu. 2019. “Pengaruh Kemudahan Persepsi Serta Kualitas Informasi Terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Dalam Penggunaan Layanan M- Banking Di Bank Syariah Indonesia.” Journal of Management, Economic and Accounting 1 (2): 48–52.

hidayat fahrul, Dkk. 2023. “Pengaruh Pelayanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Balaikota Medan.” Pengaruh Pelayanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Balaikota Medan 3 (2): 31–41.

Kotler, Pp., & Keller, k. L. 2016. “Marketing Management.” Pearson Edication.

Mahmudah, Dewi. 2023. “3 1,2,3” 08 (4): 537–44.

Noor Bakri, Adzan, and Umi Masruroh. 2018. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Bank Berbasis Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah.” Journal of Islamic Management And Bussines 1 (1): 35.

Nova Syafrianita, Asnawi Muhammad, and Al Firah. 2019. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Pada CV. Syabani Di Pusat Pasar Medan.” Journal of Chemical Information and Modeling 15 (2): 9–25.

Nurajizah, Nurajizah, and Rika Mustika Sari. 2023. “Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Layanan M-Banking Pada Bank Syariah.” Jurnal Al-Fatih Global Mulia 5 (1): 57–70. https://doi.org/10.59729/alfatih.v5i1.61.

Pratiwi, Ana, Lilis Wahyuningsih, and Shofia Auliya Az. 2023. “Sosialisasi Pelayanan Dan Produk Di Bank Muamalat Kcp Banyuwangi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Lingkungan (JPML) 2 (1): 7. https://doi.org/10.30587/jpml.v2i1.5686.

Samsul, Nasrullah. 2023. “Conceptual Distortion of Murabahah Bil Wakalah and Its Implementation in Islamic Banking in Indonesia” 7 (2): 15–27.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. 2010. “Perilaku Konsumen.”

Tirtayasa, Satria, Anggita Putri Lubis, and Hazmanan Khair. 2021. “Keputusan Pembelian : Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen.” INSPRASI BISNIS & MANAJEMEN 5 (1): 67–86.

Vicramaditya, P.B. 2021. “Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi Dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Grabbike.” Journal of Business and Banking 10 (2): 325.

Wang, Y., Wu, W. Y., & Lee, Y. T. 2018. “The Impact of Information Quality on Customer Satisfaction in the Banking Industry.” International Journal of Business and Management 2 (13): 25–32.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-10

Terbitan

Bagian

Artikel