PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH
Studi pada Pelaku UMKM di Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Kata Kunci:
Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Minat, Bank SyariahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengetahuan, persepsi, dan sikap secara simultan terhadap minat menggunakan pembiayaan di Bank Syariah bagi pelaku UMKM di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Untuk mengetahui tingkat minat pelaku UMKM tersebut, maka digunakan metode Uji Regresi, Uji t dan Uji Hipotesa. Berdasarkan Hasil uji regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000. Oleh karena itu, nilai Sig. 0,000 < 0,05 dapat diartikan bahwa pengetahuan (X1), persepsi (X2) dan sikap (X3) berpengaruh terhadap minat menggunakan pembiayaan pada bank Syariah (Y). Nilai Sig. < 0,05 dapat diartikan bahwa variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil Analysis Paired Samples Test (Uji t) yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai variabel pengetahuan (X1) Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Persepsi (X2) Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menggunakan pembiayaan pada bank Syariah (Y). Sementara itu, untuk nilai variabel Sikap (X3) Sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,958 > 0,05, tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel minat menggunakan pembiayaan pada bank Syariah (Y). Berdasarkan hal tersebut dapat diartikan bahwa hipotesis yang ada dalam penelitian ini untuk H0 ditolak dan H1 serta H2 diterima dengan arti ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan persepsi UMKM terhadap minat menggunakan pembiayaan pada bank Syariah. Sedangkan untuk H3 ditolak dan H0 diterima dengan arti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara sikap UMKM terhadap minat menggunakan pembiayaan pada bank Syariah.
Referensi
Andrianto, dan Amamh Firmansyah. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori Dan Praktek). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Dewi T dan Lucky N. (2017). Persepsi Pengusaha UMKM Terhadap Peran Bank Syariah.
Jurnal Sikap. Vol. 3, No. 1, 49-62.
Dudih Sutrisman. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa.
Bogor: Guepedia.
Firmansyah Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Irham Fahmi. (2015). Manajemen Perbankan Konvensional dan Syariah. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Kasmir. (2015). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugroho J.Setiadi. (2019). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia group.
Samsul, Dina Fikriyah dan Hafsah Umar. (2022). Mobile Banking Service Quality on Customer Satisfaction between Bank Muamalat and Bank Syariah Indonesia. Addpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences. Vol. 1, No. 1, 244- 249.
Setiadi, J. Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yuniarti dkk., dalam Imran dkk. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Business Administration Vol. 1 (2), Halaman: 209-218.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MUHAMMAD WIDINUR CARONGE, Nuraeni Gani, Supriadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.