Konsep Keterampilan Bercakap Bahasa Arab

Authors

  • Rappe Rappe

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1255

Abstract

Tulisan ini mengungkapkan konsep keterampilan bercakap bahasa Arab dengan pokok pembahasanya adalah kriteria-kriteria yang dituntut untuk dipenuhi oleh seseorang mempelajari bahasa Arab sehingga ia dinyatakan bahwa ia telah terampil bercakap bahasa Arab. Adapun kriteria-kriteria yang dimaksud adalah kemampuan mengungkapkan ide atau pikiran, kemampuan mengucapkan setiap huruf dengan baik,kemampuan menggunakan harakat bahasa Arab dengan baik, kemampuan mengungkapkan kata-kata yang berhubungan dengan topik pembicaraan, dan kemampuan menyusun uslub-uslub kalimat yang baik.

References

[1]A. Mas’adi, Ghufron.Sejarah Islam dan Awal Tangga Runtuhnya Dinasti Usmani Tarikh Pra Modern, Edisi I. Cet. I; Jakarta Raja Grafindo Persada, 1977
[2] Abdul Kadir Ahmad, Muhammad. Thuruq Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah. Cet. I; Kairo: Maktabah al-Nahdiyah, 1979
[3] Anwar,Khaidir.Fungsi dan Peranan Bahasa: Sebuah Pengantar. Cet II; Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990
[4] Arsyad,Azhar.Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
[6] Al-Hafid, M. Radhi.Pengembangan Materi dan Metode Pengajaran Bahasa Arab.Cet. I; Ujung Pandang: Berkah Utami, 1993
[7] Al-Rasyid,Muhammad al-Ahmad.Waqai’ Nadwat al-Lughah al-Arabiyah Lighair al-Nathiqin Biha, Juz II; Maktab al-Tarbiyah al-Arabiyah Lidduwal al-Khalij
[8] Djumhur dan H. Danasuparta, Sejarah Pendidikan. Cet. VIII; Bandung: CV Ilmu Bandung; 1974
[9] G. Arsjad, Maidar dan Mukti. U.S. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Cet; IV Jakarta Erlangga, 1993
[10] Guntur Tarigan, Henry.Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, 1989
[11] __________________Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Cet I; Bandung: Angkasa, 1990
[12] Hidayat, Komaruddin . Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermaneutik. Cet. I; Jakarta: Piramida, 1996
[13] Ibrahim, Ihmaduh. al-Ittijaat al-Mu’asharah: Fi Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah Lighair al-Nathiqin Biha. Kairo: Dar al-Fikr al-‘Araby, 1987
[14] Ismail Shiniy, Mahmud dkk.Mursyid Mu’allim Fi Tadris al-Lughah al-Arabiyah Lighair Nathiqin Biha. Kairo: Dar al-Fikr
[15] K. Hitti, Philip. The Arab Short Story, diterjemahkan oleh Ushuluddin Hutagalung dan O.D.P. Sihombing dengan judul Dunia Arab.Cet. III; Bandung: Sumur Bandung, t. th.
[16] M. Kempson, Ruth. Semantic Theory.Cambridge University Press: New York USA, Melbourne Australia, 1989
[17] Sayyid Abd ‘Al, Abdul Mun’im. Thuruq Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah. Kairo: Daar Ghariib li al-Thabaa,ah, t.th
[18] Subyakto,Sri Utari Nababan.Metodologi Pengajaran Bahasa. Cet. II; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993

Published

2015-06-26

How to Cite

Rappe, R. (2015). Konsep Keterampilan Bercakap Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1255

Issue

Section

Volume 3 Nomor 2, Juni 2015