Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Hazm

Authors

  • Mawardi Djalaluddin

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1258

Abstract

Secara fitra manusia dilahirkan ke dunia ini tidak mempunyai pengetahuan tentang kehidupannya. Dalam melawan kegundahan, manusia mencari dan mencapai pemenuhan hajat hidupnya melalui ilmu. Tulisan ini mengetengahkan pengembaraan manusia mencari ilmu.san Ibnu Hazm dalam hubungan ini memberikan solusi bahwa dalam mencari ilmu, manusia dibantu oleh empat kekuatan, yaitu indra, asumsi, intuisi, dan akal pikiran. Metode dalam memperoleh ilmu menurut beliau dapat ditempuh melalui tiga cara: mendengar, membaca, menulis - mengawasi - observasi.

References

[1]Ali, Abu Muhammad, Ibn Hazm. Tt. Al-Ihkam fi Usul al-Ahkam. Jld.I. Beirut: Dar al-Fikr.
[2] Hasan, Hasan Muhammad. Tt. Ibn Hazm al-Andalusi. Beirut: Dar al-Fikr
[3] Ibrahim, Hasan. Min ‘Alami al-Tarbiyah al-Arabiyah al-Islamiyah
[4] Langgulung, Hasan. 2003. Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru
[6] _________, 2001. Pendidikan Islam Abad 21. Jakarta: Al-Husna Zikra
[7] _________, 2002. Peralihan Paradigma dalam Pendidkan Islam dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.
[8] Nata, Abuddin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Cet.II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[9] Qurtubi, Al-, Yusuf bin al-Barr. 1986. A’lam al-Tarbiyah al-Islamiyah. Jld.II Cet.I. Suriah, Damaskus.

Published

2015-06-26

How to Cite

Djalaluddin, M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Hazm. Shaut Al Arabiyyah, 3(2), 80–84. https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1258

Issue

Section

Volume 3 Nomor 2, Juni 2015