Pembelajaran yang Mencerahkan Melalui Manajemen Nurturant

Authors

  • Shopia Azhar

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1261

Abstract

da suatu asumsi yang mengatakan bahwa yang banyak berkembang di Indonesia, sampai dewasa ini, adalah paham teologi kehendak mutlak Tuhan (Jabarîyah)  yang  tak  menyokong  bagi  peningkatan  produktivitas.  Oleh

 karena  itu,  kalau  produktivitas   dan  kinerja  masyarakat  Indonesia  terasa  kurang

meningkat    (termasuk    kinerja    hasil    pembelajaran),    maka    pandangan   teologi

Jabarîyahlah penyebabnya. (Nasution, 1995: 120-121).

Sejalan dengan itu, ada pula suatu asumsi yang menyatakan, bahwa masyarakat pada negara-negara sedang berkembang memiliki dimensi budaya kerja yang kurang mendukung  bagi  peningkatan   kualitas   sumber  daya  manusianya  (Mendonca  & Kanungo 1990: 139). Hal itu  disebabkan antara  lain karena dianutnya  paham yang berimplikasi fatalis (Weber, 1958).

References

[1]Arsyad, Azhar, 1999, al-Madkhal ila Thuruqi Ta’limi al-Lughati al-Ajnabiyyati li
[2] Mudarrisi al-Lughati al-Arabiyyati, Maktabah Ahkam.
[4] ---------, 1999, ‚Paham Teologi dan Dimensi Budaya Kerja di Sul-Sel, 2000, Paham
http://dakir.wordpress.com/2009/05/02/konsep-pendidikan-ibnu-miskawaih, diakses tanggal 3 April 2011.
[6] Burt, Dulay, and Krashen, 1982, Language Two, Oxford Univ. Press, New York. Curran, Charles A, 1972, Counseling-Learning : A Whole Person Model for Education,
[7] Grune and Stratton, New York.
[9] Feenstra, H.J, 1967," Aptitude, Attitude and Motivation in Second Language
[10] Acquisition." Unpublished dissertation, University of Western Ontario.
[12] Gardner, R.C. and W.E.Lambert,1972 & 1973, Attitudes and Motivations in Second
[13] Language Learning. , Newbury House. Rowley Mass.
[15] Gattegno, C, 1972, Teaching Foreign Languages in School : The Silent Way, Educational Solutions, Inc., New York.
[17] Hofstede, Geert, 1980, Cultural Consequences : International Differences in Work- related Values, Sage, Beverly Hills
[19] Husin, Hasbullah, 1997, Management by Islamology, Management by Islamology
[23] Ibnu Rushd, Abu al-Walid,1979 , al-Kasyf ‘an Manahij al-Adillah fi ‘Aqaidi al-Millah,
[24] Maktabah al-Angelo al-Mishriyyah, Kairo.

Published

2015-06-26

How to Cite

Azhar, S. (2015). Pembelajaran yang Mencerahkan Melalui Manajemen Nurturant. Shaut Al Arabiyyah, 3(2), 107–118. https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1261

Issue

Section

Volume 3 Nomor 2, Juni 2015