Analisis Kesalahan Imlā’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Istiqamah Nuramaliah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Haniah Haniah
  • Andi Abdul Hamzah

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan bahwa siswa kurang terampil dalam menulis bahasa Arab khususnya dalam imlā’ sehingga dilakukan analisis untuk mendeksripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan imlā’, mendeskripsikan tingkat kesalahan imlā’, dan mengeksplor faktor penyebab terjadinya kesalahan imlā’. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif, dengan menganalisis menggunakan teori Ellis pada dokumentasi lembar kerja imlā’ siswa kelas X Pesantren tarbiyah Takalar yang bejumlah 25 lembar. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan imlā’ yang dilakukan sebanyak 539. Kesalahan huruf hijaiyyah berada pada kategori rendah, yaitu 158 dengan persentase 29,31%. Kesalahan huruf yang boleh disambung dan tidak boleh disambung berada pada kategori sangat rendah, yaitu 29 dengan persentase 5,38%. Kesalahan harakat berada pada kategori rendah, yaitu 214 dengan persentase 39,70%. Kesalahan alif lām syamsiyah dan alif lām qamariyah berada pada kategori sangat rendah, yaitu 65 dengan persentase 12,05%. Kesalahan huruf hamzah berada pada kategori sangat rendah, yaitu 73 dengan persentase 13,54%. Adapun faktor penyebab kesalahan yaitu faktor guru yang mendiktekan kalimat suaranya kecil, mendiktekan kalimat dengan cepat, dan pengucapan hurufnya kurang jelas, dan siswa belum memahami dengan baik kaidah-kaidah imlā’ yang diajarkan.

References

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Baharuddin, Uril. 2018. “Analisis Kesalahan Imlā’ Pada Penulisan Hamzah Washol Dan Hamzah Qoth’I Pada Mahasiswa Program Bahasa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang”. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Haniah. 2018. “ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB PADA SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB.” Arabi Journal of Arabic Studies 3 No.1.

Hariyadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Kurniawati, Nana Desi. 2018. “Analisis Kesalahan Penulisan Hamzah Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester III (Tiga) Kelas B Di IAIN Metro Tahun Pelajaran 2017/2018”. Thesis. IAIN Metro.

Mardalis. 2014. Metode Penelitian : Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2018. Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Roviin, dan Muh Hafidz. 2020. “Analisis Kesalahan Imlāʾ Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga”. Thesis. IAIN Salatiga.

Salim, Nur. 2016. “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Kitabah Siswa Kelas X MA Ta’’mirul Islam Solo Dan MAU Al-Imdād Yoyakarta Tahun 2015/2016 (Telaah Taksonomi Kategori Linguistik)”. Thesis. UIN Sunan Kalijaga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, Bambang, dan Maria Mintowati. 2009. “Analisis Kesalahan Berbahasa”. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 257 times