Pendekatan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab

  • Azizul Hakim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini membahas konsep perencanaan pembelajaran dengan mengkaji pendekatan sistem pembelajaran. Pemahaman konsep pendekatan sistem pembelajaran harus diketahui oleh pengelola pendidikan terutama seorang guru agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Pada tulisan ini penulis fokus membahas pendekatan sistem pembelajaran bahasa Arab.

Mengetahui materi ini penting terutama bagi guru atau dosen bahasa Arab sebagai agen pembaharu dalam perencanaan pembelajaran bahasa Arab.

Masalah pokok yang penulis bahas dalam tulisan ini adalah pengertian pendekatan sistem,  konsep dan manfaat penerapan pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran dan penerapan pendekatan sistem pembelajaran bahasa Arab.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa pendekatan sistem merupakan cara ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan untuk melakukan berbagai analisis terhadap suatu sistem. Pendekatan sistem pembelajaran terdiri atas proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengevaluasi dengan tujuan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, menghasilkan rumusan, dan menyusun sistem pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendekatan sistem pembelajaran bahasa Arab terbagi 3 yaitu sistem kesatuan, sistem cabang, dan sistem gabungan. Adapun penerapannya masing-masing dipilih oleh lembaga pendidikan tertentu untuk diterapkan sesuai kebutuhan.

References

Anwar, Kasful dan Hendra Harmi. Perencanaan Sistem Pembelajaran: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2011.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet. III; Malang: Misykat, 2003.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 130 times