Manajemen Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal Pembelajaran Nahwu dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Sulawesi Barat

  • Nurhamsah Nurhamsah
  • Syuhadak Syuhadak
  • Nur Ila Ifawati

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum pendidikan diniyah formal yang difokuskan pada kitab nahwu dalam meningkatkan keterampilan membaca di pondok pesantren salafiyah parappe Sulawesi barat, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendekripsikan perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran kitab nahwu, karena melihat penguasaan kitab santri-santri di pondok ini sangat memunkinkan untuk ditiru oleh pondok-pondok lain khususnya di sulawesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Objek pada pada penelitian ini terkait manajemen kurikulum pendidikan diniyah formal pada bidang pemebelajaran nahwu. Data penelitian ini, diperoleh dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data, dan diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Upaya mengecek keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Perencaan kurikulum pendidikan diniyah formal pada kitab nahwu dalam meningkatkan kemahiran membaca di pondok pesantren salafiyah parappe merencanakan beberapa aspek yaitu tujuan, materi pemebelajaran, metode pemebelajaran, (2) Implementasi kurikulum pendidikan diniyah formal pada kitab nahwu dalam meningkatkan kemahiran membaca di pondok pesantren salafiyah parappe yaitu pelaksanaan proses belajar mengajar, pelaksanaan batasan metode yang digunakan, batasan media yang digunakan. (3) Evaluasi kurikulum pendidikan diniyah formal pada kitab nahwu dalam meningkatkan kemahiran membaca di pondok pesantren salafiyah parappe yaitu evaluasi pertengahan semester dan dan akhir semester, evaluasi tersebut menggunakan dua cara yaitu tes secara lisan dan tulisan.

References

Arends, Richard, "Learning to Teach Avenue of the Americas New York." McGraw-Hill Companies, (2018), 96.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta : Rineka Cipta, 2000): 173.

Efendi, Hadle, Manajemen Pembelajaran Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan,: 5.

Fathurrochman, Irwan, “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (19 Juni 2017): 85, https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008):156.

Komariah, Nur, “Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day SchooL.” 5, no. 2 (2016): 16.

Lenny Nurvita dan Nurul Indana, "Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang." Al Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 4, no. 1 (maret 2020): 34.

Ma'arif, Muhammad Anas, "Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005): 165.

N. Kandowangko dan Fonny J Wani, “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” 12, no. 4 (2019): 18.

Nurgiyantara, Burhan, Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, (Yogyakarta: BPFE, 1987): 56.

Nurhayati Sastraatmadja, Haidir Ali, dan Nilna Azizatus Shofiyyah, “Model Pondok Pesantren di Era Milenial.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (1 Juni 2019): 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585.

Rohman, Abdul, Pengertian dan Fungsi Manajemen, (Makalah 2011): 3.

Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto." Tadris : 1, (Juni 2018), 4.

Suhelayanti Dkk, Manajemen Pendidikan, (Sumatera Utara, Yayasan Kita Menulis 2020), 20.

Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Cet. II, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009): h. 30-31

Terry, George r, Asas-Asas Manajemen, alih Bahasa Dr. Winardi S.E, cet. 8, (Bandung: Alumni, 2012): 163.

Wahid HS, Abd, "Pendidikan Diniyah Formal Wajah Baru Pendidikan Pesantren Untuk Kaderisasi Ulama." Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam 2, (Oktober 2016), 293.

Published
2021-12-12
Abstract viewed = 128 times