Implementasi Permainan “Super Deal” dalam Pembelajaran Nahwu (Bab Tawabi’) di PP. Al-Hikmah Al-Fathimiyyah Merjosari, Lowokwaru Malang

Penulis

  • Ananda Nova Saraswati PP. Al-Hikmah Al-Fathimiyah
  • Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v12i1.42175

Kata Kunci:

Abstrak

Fokus penelitian yaitu mengetahui implementasi permainan “Super Deal” , kelebihan dan kekurangannya dalam pembelajaran Nahwu bab Tawabi’ di pondok pesantren Al-Hikmah Al-Fathimiyah, Merjosari, Lowokwaru, Malang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yakni reduksi data secara sistematis dan tataran analisis (restatement, description, dan interpretation). Peneliti mengambil data ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas Daurah Wustha 2 PP. Al-Hikmah Al-Fathimiyah. Adapun hasil penelitian yaitu: Pertama, Proses pembelajaran Nahwu dengan permainan “Super Deal” mempunyai enam tahap (membagi kelompok, santri membaca tashrif, pemilihan kelompok, menawarkan dan memilih amplop, diskusi kelompok, presentasi jawaban). Sedangkan kelebihan permainan “Super Deal” yakni membuat semangat dan focus, memudahkan mengingat, pembelajaran tidak membosankan, melatih kekompakan, pembelajaran aktif dan menyenangkan, suasana kelas hidup dan dapat mengukur kemampuan, bertukar pikiran dan membantu memahamkan. Kekurangan permainan “Super Deal” yaitu kurang efisiensi biaya dan waktu dan pembagian tugas anggota kelompok kurang seimbang.

Referensi

Anas, Muhammad, and Muassomah Muassomah. “Model Pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) Sebagai Alternatif Pembelajaran Maharah Kitabah.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 10, no. 1 (2021): 29. https://doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.29-46.2021.
Annafiri, Ahmad Zaki, Nadia Soleha, and Rahmat Sabili. “ANALISIS MORFOSEMANTIK KATA ‘MUHAMMADIYAH’ SEBAGAI IDENTITAS GERAKAN ISLAM DI INDONESIA.” Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2023): 58–77.
Ashar, Tri Suci Mahadaniyah, and Indriani Pramitha. “Efektivitas Penggunaan Papan Bintang Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Secara Berkelompok Di Kelas VA.” Innovative: Journal of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 2184–93.
Asiah, Zamroni, and Muhammad Khairul Rijal. “Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Di Lembaga Pendidikan Indonesia.” Benjole, Borneo Journal of Language and Education 2, no. 2 (2022): 170–85.
Dewantara, Agustinus Wisnu. “KUIS SEBAGAI MEDIA PEWARTAAN KITAB SUCI BAGI KAUM MUDA KATOLIK.” JPAK, Jurnal Pendidikan Agama Katolik 10 (2013): 1–23.
Dewi, Mia Roosmalisa, Imam Mudakir, and Siti Murdiyah. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Edukasi 3, no. 2 (2016): 29. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3526.
Hasibuan, Asriani, Isra Husna Dini, Dini Nadilah, and Rahmad Wahyudi Rangkuti. “PENERAPAN GAME SIMON SAYS DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK TK DI SEKOLAH AZ-ZALFA.” Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 160–66.
Hidayah, Nur, and Santika Lya Diah Pramesti. “Efektivitas Penerapan Metode Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VI DI MIS Sidorejo Tirto Pekalongan.” Indonesian Journal of Islamic Elementary Education 3, no. 1 (2023): 94–106.
Jaelani, Aceng. “Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (MI).” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (2015): 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189.
Marpaung, K S. “Perancangan Aplikasi Quis Interaktif Tingkat Sekolah Dasar Dengan Linear Congruent Method.” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 3, no. 5 (2016): 357–61. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/72.
Muassomah, and Ma’rifatul Munjiah. “Learning Qawaid Through Language Game Adlif Kalimatan for Students of Arabic Language and Literature at UIN Malang.” Alsinatuna 5, no. 1 (2019): 58–71.
Muhammad, Darsa, and Muassomah Muassomah. “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tarkib Berbasis Mind Mapping Di Masa Pandemi Covid-19.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 23, no. 1 (2021): 67. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.3004.
Munajat, Fuad. “PEMBELAJARAN NAHWU DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONAL.” Arabia 7, no. 1 (2015).
Perkasa, Eza Budi, Agus Dendi, and Fransiskus Panca. “Prototipe Permainan ‘Terima Atau Tolak’ Dengan Metode Probabilistic Reasoning.” Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer 2, no. 1 (2015): 8–16. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/view/225.
Pradika, Lisa, and Syamsuri Syamsuri. “Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Smp Di Kota Serang.” TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika 1, no. 1 (2019): 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886.
Putra, Eric Dwi, Lusia Herni Sullystiawati, and Yunita Indah Sari. “Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika.” Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7, no. 1 (2023): 119–28.
Putri, Kurnia Ade, Hartatiana, and Fahmi. “Peran Kegiatan Bermain Permainan Tradisional Sembilun Dalam Melatih Kerjasama Anak Dengan Teman Sebaya Kelompok B2 Di Paud Kosgoro Koba Bangka Tengah.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 1 (2023): 1349–58.
Rahmadani, Alfauziah, Andy Ariyanto, Nafiah Nur Shofia Rohmah, Yulia Maftuhah Hidayati, and Anatri Desstya. “Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 1 (2023): 127–41. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415.
Sahira, Dalilah Azzah, and Suryanti. “EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN KARTU KWARTET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR.” JPGSD 11, no. 2 (2023).
Sari, Mayya Indah, Helty Asafri, and Warissuddin Soleh. “PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRADAT BAHASA ARAB DI SMP ISLAM AL- FALAH KOTA JAMBI.” Muhadasah 5, no. 1 (2023): 63–78.
Solihin, Ihin. “Strategi Pembelajaran Nahwu Di Pesantren Ciloa Garut Dan Al-Ihsan Bandung.” Jurnal Al-Tsaqafa 14, no. 02 (2017): 372.
Syifa’, Dina Anis, and Parastuti. “Penggunaan Media Permainan Uno Stacko Untuk Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Level Dasar.” Journal of Japanese Language Education 4, no. 1 (2020): 2–12.
Yonan, and Silmy Hasya Behesyti. “IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Adufest 1 (2023).
Yunitasari, Septiyani Endang, Sri Juani Purwaningsih, Sri Endah Wahyuningsih, Sitti Zaifan, and Yunaini Yunaini. “Melatih Konsentrasi Melalui Permainan Sensorimotor Pada Anak Kelompok B (Study Kasus TK Negeri 01 Pulogadung Jakarta Timur).” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 1 (2023): 33–40. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i1.1528.
Husain, Ahmad, Ai Siti Nurjanah, Azimaturaviah, Danang Priyadi, Muhammad Abdul Ghofur, and Sri Mulyanti. “REVIEW LITERATUR: ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA.” Prosiding Seminar Nasional OPPSI 1 (2023): 32–52.
Nasution, Siti Hajar Budi Kartini. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAMES SUPER DEAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2017.

Diterbitkan

2024-06-21

Cara Mengutip

Saraswati, A. N., & Muassomah. (2024). Implementasi Permainan “Super Deal” dalam Pembelajaran Nahwu (Bab Tawabi’) di PP. Al-Hikmah Al-Fathimiyyah Merjosari, Lowokwaru Malang. Shaut Al Arabiyyah, 12(1), 107–120. https://doi.org/10.24252/saa.v12i1.42175