Behavioristik Bloomfield Pada Film Pendek Bahasa Arab “Muhsin Dan Mahasin” Episode 1-3

  • Inggil Wulan Suciana
    (ID)
  • Imroatul Ngarifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Laily Fitriani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Ufia Nisydi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Nissa Rahmadina Khoerudin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Behaviorisme; Bloomfield; Stimulus; Respon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis film pendek berbahasa Arab “Muhsin dan Mahasin” berdasarkan teori behavioristik Bloomfield. Teori behavioristik (Behavioral Theory) ini memfokuskan kajiannya pada aspek perilaku yang dapat diamati secara kasat mata, atau biasanya disebut dengan teori stimulus-respon, yang dimana dalam perilaku berbahasa adalah sebuah stimulus yang akan mengakibatkan sebuah respon tertentu, baik respon yang diinginkan oleh si pemberi stimulus ataupun tidak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tonton dan catat. Dalam hal ini peneliti memberi batasan data, yaitu episode pertama hingga episode ketiga. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini ditemukannya 10 data; 5 diantaranya merupakan stimulus, dan 5 data yang lain merupakan respon dari stimulus yang diberikan

References

Aminuddin, Semantik (Bandung: Sinar Baru, 1998)
Arofah, Nur, “Implementasi Teori Behaviorisme Terhadap Pembiasaan Membaca Asmaul Husna,” Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 8.1 (2019)
Gay, Masayu, “Esensi Bahasa dalam Kajian Struktural,” Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 6.1 (2018), 49–60
Indah, Rohmani Nur, dan Abdurrahman, “Psikolinguistik: Konsep & Isu Umum,” in Psikolinguistik: Konsep & Isu Umum, 2008
Kholison, Mohammad, Semantik Bahasa Arab Tinjaian Historis (Sidoarjo: CV. Lisan Arabi, 2016)
Kusuma, Alam Budi, “Pendekatan dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab,” Jurnal Komunikasi dan pendidikan Islam, 1.1 (2018), 87–110
Ni’mah, Mamluatun, “Memahami Konsep Dasar Teori Bahasa dan Pembelajaran Bahasa,” At-Ta’lim, 2.2 (2016), 63–78
Partiningsih, “Kepribadian Behaviorisme,” Jurnal Bapala, 5.2 (2018), 1–17
Siswanto, Victorius Aries, Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015)
Suharti, Sri, dan Dkk, Kajian Psikolinguistik (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021)
Sumarsono, Sosiolinguistik (Yogyakarta: SABDA, 2007)
Zamzami, M. R., “Penerapan Reward and Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme,” Ta’limuna, 4.1 (2015)
Published
2024-01-08
Abstract viewed = 75 times