Implikasi Analisis Kontrastif Kalimat Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa

Authors

  • rosita hasan

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v6i1.4801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implikasi analisis kontrastif kalimat bahasa Arab dan bahasa Indonesia dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postest design, adapun pada penelitian ini yaitu kelas XI bahasa MAN I Kabupaten Bima dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini dianalisa dengan menggunakan analisis data kuantitatif yaitu menggunakan statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan  1) Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara kalimat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. 2) sebelum dilakukan teknik analisis kontrastif diperoleh nilai rata-rata siswa 46,3. 3) setelah dilakukan teknik analisis kntrastif diperoleh nilai rata-rata siswa 70,8. 4) teknik analisis kontrastif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membuat kalimat bahasa Arab.

References

REFERENSI
1. Ahmad Muaffaq, Linguistik Kontrastif Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia di Bidang Fonologi, Makassar: Alauddin University Press ,2011.
2. Ainin, Moh, Analisis Bahasa Pembelajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing, Malang: Misykat, 2011.
3. Al Farisi, M. Zaka, Pedoman Penerjemahan Bahasa Arab Indonesia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
4. Araa’ini, Syamsuddin Muhammad, Ilmu Nahwu, Terjemahan Matan Jurumiyah
5. Chaer, Abdul, Sintaksis Bahasa Indonesia (Jakarta: Rineka Cipta, 2015), H. 164
6. Garancang, Sabaruddin, Sintaksis Bahasa Arab, Makassar: Alauddin University Press, 2014.
7. Halimah, Andi, Konsep Dasar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi (Makassar: Alauddin University Press, 2013
8. Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
9. Hikmah, Ade Dan Nani Solihati, Bahasa Indonesia (Untuk Mahasiswa S1 Dan Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, Dan Umum
10. Huda, Nurul, Mudah Belajar Bahasaarab, Jakarta: Amzah, 2011.
11. Malibary, A. Akrom, Dkk, Pedoman Pengjaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama /IAIN, Jakarta: Depag RI, 1976
12. Rappe, Ilmu Nahwu Dasar Dan Pola-Pola Penerapannya Dalam Kalimat, Nakassar: Alauddin University Press, 2013
13. Zulhanan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: Rajawali Pers, 2014
14. Gudang Ilmu. “Pengertian Kalimat Nominal Serta Contoh Kalimat Berpredikat Nomina, Ajektiva, Numeralia Serta Frasa Preposisional”, Situs Resmi Gudang Ilmu.http://www.ilmusaudara.com (04 april 2018)

Published

2018-08-24

How to Cite

hasan, rosita. (2018). Implikasi Analisis Kontrastif Kalimat Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Shaut Al Arabiyyah, 6(1), 105–113. https://doi.org/10.24252/saa.v6i1.4801