Perbedaan Penguasaan Mufradat Peserta Didik melalui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutorial dengan Tema Kehidupan Keluarga di SMA 5 Jeneponto

Authors

  • A Akbar Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Myskat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Azizul Hakim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurelita Surya Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.55678

Keywords:

Penguasaan Mufradat; Metode Pembelajaran; Peer Tutorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan penguasaan mufradat peserta didik melalui penerapan pembelajaran Peer Tutorial dengan metode konvesional yang dilaksanakan di SMA 5 Jeneponto. Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan metode quasi-Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserat didik SMA 5 Jeneponto kelas XII tahun 2024 dengan Jumlah 185 Orang, Sample pada penlitian ini berjumlah 56 orang. Hasil distribusi frekuensi pada pre-test menunjukkan mayoritas peserta didik memiliki nilai rendah, namun setelah diterapkan metode Peer Tutorial, terjadi peningkatan yang signifikan pada post-test. Sebagian besar peserta didik memperoleh nilai lebih tinggi, dengan lebih dari 57,2% berada dalam rentang nilai 70-90. Hal ini menunjukkan bahwa metode Peer Tutorial efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik. Hasil uji statistik menggunakan Independent Samples Test mengungkapkan bahwa metode Peer Tutorial menghasilkan perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kelompok yang diajar dengan metode Peer Tutorial memiliki nilai rata-rata yang jauh lebih tinggi untuk penguasan mufradat dengan variasi nilai yang lebih kecil, menandakan konsistensi yang lebih baik dalam hasil belajar mereka. Secara keseluruhan, penerapan metode Peer Tutorial dalam pembelajaran terbukti lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga membantu peserta didik untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam keterampilan berbahasa Arab. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk Penelitian selanjutnya perlunya integrasi strategi ini dalam pengajaran bahasa. Strategi ini dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman peserta didik terhadap mufaradat, membuktikan keefektifannya sebagai pendekatan pembelajaran yang menarik dan efektif. perlunya pengembangan dan pelatihan bagi pendidik untuk memperkaya referensi mengenai strategi pembelajaran. Memperkenalkan dan mempelajari lebih banyak strategi permainan bahasa serta teknik motivasi akan meningkatkan kualitas pengajaran dikelas. Ini memberikan kesempatan kepada pendidik untuk menjadi lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pembelajaran peserta didik

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2017).

Ahmad, Siti “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta didik SMP.” Jurnal Pendidikan Bahasa 12, no. 2 (2020)

Aqib, Zainal. Model- Model Media Dan Strategi Pembelajara Kontekstual (Inovatif), (Bandung: Yrama Widya, 2017).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).

Ashari, Kholidun. “problematika pemilihan materi mufradat menurut presprektif rusydi ahmad thu’alimah”, jurnal UIN Matram, Vol. 19, No. 2, (2020).

George Lakoff, and Mark Johnson. Metaphors We Live By. Chicago: University of Chicago Press, 1980.

Hamalik, Oemar Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Ismail Awal, wawancara dengan penulis, 20 Oktober 2024.

M Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad Mulyadi. 2019. “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 15 (1).

Mulyatiningsih, endang Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016).

Mulyatiningsih, Endang, and Apri Nuryanto, eds. Metode penelitian terapan bidang pendidikan (2014).

Mustofa, Syaiful. Pelajaran Mufradat Pendekatan Ashwat Panjang Pendek (Malang: Uin Maliki Press, 2017).

Rusydi Ahmad Thu’aimah, Ta’lim al-‘Arabiyyah fi Ghair al-Nathiqina biha; Manahijuhu wa Asalibuhu, (Rabath: Isisco, Cet I, 1989).

S Al-Zu’bi. (2012). Strategi pengajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing. Beirut: Dar al-Gharb al-Islami.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Cet. II; Jakarta: Prenada Media Droup, 200).

Siti Ahmad. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta didik SMP.” Jurnal Pendidikan Bahasa 12, no. 2 (2020): 123-135.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2021.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi belajar mengajar (2014).

Yanti Puspita Sari, Hasan Syaiful Rizal, Pembelajaran Mufradat dengan Metode Menghafal di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengon Agung Purwosari Tahun Ajaran 2020/2021.

Published

2025-11-10

How to Cite

Hidayat, A. A., Ibrahim, M. M., Hakim, A., & Surya, N. (2025). Perbedaan Penguasaan Mufradat Peserta Didik melalui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutorial dengan Tema Kehidupan Keluarga di SMA 5 Jeneponto. Shaut Al Arabiyyah, 13(2), 631–644. https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.55678