Analisis Kesesuaian Bahan Ajar Bahasa Arab dengan Kebutuhan Pembelajaran dan Karakteristik Peserta Didik

Authors

  • Mazi Septina Mirantika Universitas Islam Negeri Mataram
  • Febrina Dwi Cahyani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Fathul Maujud Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i1.57728

Keywords:

Teaching Materials; Arabic Language; Learner Characteristics; Learning Needs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian bahan ajar bahasa Arab dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik dalam rangka meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan yang terus berkembang, bahan ajar memiliki peran penting sebagai sarana utama pencapaian kompetensi yang ditargetkan oleh kurikulum. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan masih terdapat ketidaksesuaian antara konten, tingkat kesulitan, dan pendekatan pengajaran dalam bahan ajar dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Ketidaksesuaian ini dapat menghambat pencapaian hasil belajar peserta didik secara optimal. Oleh karena itu, analisis terhadap relevansi dan keselarasan bahan ajar menjadi krusial dalam keberhasilan pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan library research untuk menelaah literatur dan temuan sebelumnya yang berkaitan dengan desain dan penerapan bahan ajar bahasa Arab. hasil kajian menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, pendekatan komunikatif, serta mempertimbangkan konteks sosial dan budaya lebih efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kompetensi berbahasa serta dapat mencapai tujuan kurikulum secara optomal.

References

Abdul, Majid. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Kompetesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Afif, Nur. “Enhancing Student Motivation in Arabic Language Learning through the Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) Model : A Case Study in Islamic Schools of Banten” 16 (2024): 5211–5219.

Aflisia, Noza, and Hazuar Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (2020): 111.

Ahmad Fatah. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Respon, Tantangan Dan Solusi Terhadap Perubahan).” Arabia, 2016. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1942.

Annisa, maryam nur. “Analisis Kebutuhan Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Di Pendidikan Tinggi.” Ejournal 2, no. 2 (2023): 313–328.

Aziz, Arif Malik, Firdaus Atmajaya, Arizal Winanda Yusuf, and Acep Hermawan. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Membentuk Pembelajar Yang Kompeten.” Al-Fakkaar 5, no. 1 (2024): 60–78.

Baiti, Nur, Isnaini Agus, and Eni Fariyatul Fahyuni. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini” 8, no. April (2025).

Baity, Anggi Nurul, Sururil Azizah, Fitriah Nailul Muna, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Kediri. “Desain Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Konstruktivisme Untuk Mahasiswa Non-Pendidikan” 4, no. 1 (2025): 39–58.

Farooq, Muhammad Shahid. “Cognitive Styles and Quality of Learning: A Case of Language Learners.” Journal of Elementary Education 25, no. 1 (2013): 19–37.

H Kara. “Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2011), h.23.” J Surg CI Res (2014).

Hajar, St, and Nanning Nanning. “Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2022): 10–18.

Janawi. “Memahami Karakteristik Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran.” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2019): 68–79.

Jumhana, Nana. “Evaluasi Terhadap Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Di Indonesia Berbasis Kurikulum 2013.” Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 2021. http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v13i1.4451.

Kasmiati, and Afriza. Desain Pembelajaran Bahasa Arab, 2022.

Marhamah, Marhamah, and Zikriati Zikriati. “Mengenal Kebutuhan Peserta Didik Diera Kurikulum Merdeka.” Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 1, no. 1 (2024): 89–106.

Mas, Laili, and Ulliyah Hasan. “Desain Kurikulum Dan Bahan Ajar Bahasa Arab Yang Menarik Dan Efektif” 4, no. 3 (2024): 173–177.

Muradi, Ahmad, Fak Tarbiyah, Iain Antasari, Jl A Yani Km, and A Pendahuluan. “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia,” no. 1 (2013): 140–149.

Nurhajati, Ayu Rahayu, Easter Merryetta Simanjuntak, Nenden Permas Hikmatunisa, Ali Azhar Herdiansyah, Alpita Noviyanti, Rosdillah Eka Putri, Siti Salwa Salsabila, and Wulan Sapitri. “Kesesuaian Modul Ajar Mahasiswa PGSD Dengan Karakteristik Kurikulum Merdeka.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2024): 260–270.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Mazi Septina Mirantika, Cahyani, F. D., & Maujud, F. (2025). Analisis Kesesuaian Bahan Ajar Bahasa Arab dengan Kebutuhan Pembelajaran dan Karakteristik Peserta Didik. Shaut Al Arabiyyah, 13(1), 317–325. https://doi.org/10.24252/saa.v13i1.57728