Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Canva pada Materi Hobi Siswa Kelas VIII MTs Olang Luwu
DOI:
https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.58876Kata Kunci:
Media Pembelajaran; Video Interaktif; Canva.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif berbasis Canva pada materi hobi siswa Kelas VIII MTs Olang Luwu. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode Research & Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap Implementation, (5) tahap Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Olang Luwu, dengan 15 responden pada bulan Februari 2025. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil validator media sebesar 91% dengan kategori sangat valid, dan hasil validitasi oleh validator materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil praktikalitas oleh guru mata pelajaran sebesar 88% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitasi oleh siswa menggunakan angket respon memperoleh persentase sebesar 78% dengan kategori praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran video interaktif berbasis Canva sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab pada materi hobi, serta mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Referensi
Adolph, Ralph. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al Quran Hadits” (2016): 1–23.
Alia, Putri Ariatna, et al. "Pengembangan Keterampilan Desain Interaktif Dan Serbaguna Dalam Era Society 5.0 Dengan Menggunakan Canva." Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks 2.3 (2024): 977-982.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Bowen, William G., Andrew Delbanco, Howard Gardner, John L. Hennessy, and Daphne Koller. “Higher Education in the Digital Age.” Higher Education in the Digital Age (2013): 628–638.
Devi, Meila Yufriana, Rahma Hidayanthi, and Yanti Fitria. “Model-Model Evaluasi Langkah Dalam Penilaian.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 675–683.
Jaya, Ilham. “Pengembangan Bahan Ajar InteraktifpPada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Tahun 2024” (2024).
Musannadah, Siti, and Siti Nur Jannah. “The Application of Canva as Interactive Media in 21st Century Learning.” SHEs: Conference Series 5, no. 6 (2022): 72–80. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Nadzif, Muhammad, Yudha Irhasyuarna, and Sauqina Sauqina. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 3 (2022): 17–27.
Nur, Fazri, Insan Tamami, Acep Hermawan, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Gunung Djati Bandung. “Perkembangan Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2023): 158–178.
Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Paramitha, Maya, Syarifah Fadllah, and Mustika Sari. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan.” Jurnal BIOEDUIN 13, no. 2 (2023): 58–68.
Ramadan, Fajar, and Imam Tabroni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Lebah 13, no. 2 (2020): 66–69.
Sugihartini, Nyoman, and Kadek Yudiana. “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15, no. 2 (2018): 277–286.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103.
Triandani, Mirsa, Rahma Aswani, Wira Fitria, Sahkholid Nasution, Universitas Islam, and Negeri Sumatera. “Pembelajaran Bahasa Arab Fushah dalam Konteks Globalisasi : Peluang dan Tantangan Learning Fushah Arabic in the Context of Globalization” (2024): 7170–7181.
Widianto, Edi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2, no. 2 (2021): 213.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurmiati Ahmad, Mustafa, Muh. Yamin, Nurfaisan Sudarmin, Nova Anugrah Kanukung, Iin Wahyuni, Fatimah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.