Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online Bagi Pemula

Authors

  • Anwar Abd. Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sitti Aisyah Chalik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fikry Amirullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Iyasyah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Lisa Natalia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.59403

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Bahasa Arab, Daring, Pemula

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam sistem pendidikan global, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Sistem pembelajaran daring (online) memberikan fleksibilitas dalam proses belajar, namun juga menuntut strategi yang tepat agar pembelajar pemula dapat memahami materi secara efektif. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa Arab daring yang sesuai bagi pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif mencakup perencanaan materi yang sesuai tingkat kemampuan, penggunaan media digital interaktif, penerapan pendekatan komunikatif, serta sistem evaluasi yang relevan dengan konteks digital. Strategi ini penting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pemula dalam pembelajaran bahasa Arab secara online.

References

Al-Jarf, Reima. “E-Learning in Teaching Introductory Arabic to Non-Native Speakers.” The JALT CALL Journal 6, no. 3 (2010): 189–202.

Annisa, Maryam Nur, Dian Arista, Yadin La Udin, and Wildana Wargadinata. “Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik).” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 12, no. 2 (2023): 468. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023.

Black, Paul, and Dylan Wiliam. Assessment and Classroom Learning. International Journal of Phytoremediation. Vol. 21, 1998. https://doi.org/10.1080/0969595980050102.

Cholid. “Model NURS Sebagai Alternatif Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 1, no. 1 (2022): 26–39. https://doi.org/10.56113/takuana.v1i1.30.

Dhawan, Shivangi. “Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis.” Journal of Educational Technology Systems 49, no. 1 (2020): 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.

Fajriah. “Strategi Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.” Pionir: Jurnal Pendidikan 6, no. 2 (2017): 36.

Hrastinski, Stefan. “Asynchronous and Synchronous E-Learning.” Educause Quarterly 31, no. 4 (2008): 51–55.

Jonathan M. Newton, I.S.P. Nation. Teaching ESL/EFL Listening and Speaking. Routledge, 2009. https://doi.org/10.4324/9780429203114.

Karageorgakis, Theodosis. “The Importance of Interactivity in ELearning Programs.” ELearning Industry, 2021.

Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?” Internet and Higher Education 14, no. 2 (2011): 129–35. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001.

Muh Miftahul Falaah, and Ainun Syarifah. “Problematika Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas Viii Di Mtsn 3 Sidoarjo.” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 8, no. 2 (2024): 460–77.

Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (2014): 29–48.

Nurdianto, Talqis. Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2020.

S, Febry Ramadani, and R Umi Baroroh. “Strategies And Methods Of Learning Arabic Vocabulary/ Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 3, no. 2 (2020): 291–312. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i2.10062.

Sulaiman, Edy. “Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula).” Edu Journal Innovation in Learning and Education 1, no. 2 (2023): 142–51. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.761.

Sutinalvi, Vivi, Annisa Harahap, M.Yusri Ali Lubis, and Sahkholid Nasution. “Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital.” Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah 3, no. 1 (2025): 77–86.

Syafei, Isop. Buku Kurikulum Bahasa Arab. Widina Media Utama. Vol. 11, 2025. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Wijayanto, Adi. Faktor Peningkat Keterampilan Literasi Dan Bahasa, 2024. https://doi.org/10.5281/zenodo.11370313.

Willis, Jane. A Framework for Task-Based Learning. Longman, 1996. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/3588204.

Published

2025-12-04

How to Cite

Rahman, A. A., Chalik, S. A., Amirullah, F., Latuconsina, I., & Natalia, L. (2025). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online Bagi Pemula. Shaut Al Arabiyyah, 13(2), 707–715. https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.59403