Pengaruh Penerapan Metode Bisik Berantai dan True Or False Terhadap Penguaaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Alliritengae Maros
DOI:
https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.59618Keywords:
Bisik Berantai; True Or False; Kosakata Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode bisik berantai terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Menganalisis pengaruh signifikan penerapan metode true or false terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Menganalisis perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode true or false. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Populasi dan sampel pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Alliritengae Maros yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data beserta instrumen yang digunakan yakni observasi dengan menggunakan lembar observasi, tes dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Data diolah berdasarkan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode bisik berantai berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 2) Penerapan metode true or false berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik; 3) Terdapat perbedaan signifikan penguasaan koskata bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode bisik berantai dengan yang diajar menggunakan true or false
References
Kartono, Faridah dan Halidjah, Siti. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunakan Teknik Permainan Bisik Berantai Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh”. Artikel Penelitian Pada Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Kementrian Agama Republik Indonesia Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Qur’an Asy-Syifaa. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanlema. 2018.
Mardiyatmo, Esmet Untung. 2013. Kumpulan Permainan Seru. Yogyakarta: Andi Offset.
Maryani. 2015. “Penerapan Strategi Active Learning Tipe True Or False dalam Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Koto XI Kabupaten Pesisir". Jurnal Penelitian Universitas Bung Hatta 4, no. 5: h. 5.
Ohe, Yeherlina dan Usman, Misnawaty. 2021. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Melalui Teknik Bisik Berantai Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMA PGRI Gelekat Lewa Boru Kabupaten Flores Timur NTT”. Interference: Journal Of Language, Literature, and Linguistics 2, no. 2: h. 78.
Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. 2015. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zulhannan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Afdhaliah, Muhammad Shabir U, Anwar Abd Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.