Pengaruh Pemahaman Kaidah Bahasa Arab Terhadap Proses Menghafal Al Qur'an: Studi Kasus di MIT Sahabat Quran Anas Bin Malik
DOI:
https://doi.org/10.24252/saa.v13i2.60444Kata Kunci:
Kaidah Bahasa Arab, Proses Menghafal Al-Qur'anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kaidah bahasa Arab berpengaruh terhadap proses menghafal Al-Qur’an pada siswa MIT Sahabat Quran Anas Bin Malik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman dasar tentang kaidah nahwu cenderung lebih mudah dalam menghafal, terutama dalam memahami struktur kalimat dan makna ayat. Guru tahfidz dan guru bahasa Arab sama-sama menyatakan bahwa integrasi antara pembelajaran bahasa Arab dan tahfidz dapat meningkatkan ketepatan dan daya retensi hafalan siswa. Namun demikian, tingkat pengaruhnya bervariasi tergantung pada gaya belajar, motivasi, dan kesiapan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman kaidah bahasa Arab berkontribusi signifikan terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an jika diterapkan secara kontekstual dan integratif. Temuan ini dapat menjadi dasar dalam merancang metode pembelajaran tahfidz yang lebih bermakna dan berkelanjutan di tingkat madrasah dasar.
Referensi
Abdulqader, Attia Abdulhameed. “The Role Of Context In Arabic Linguistics: The Story Of Abraham’s Performance in Quran.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 6, no. 1 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i1.20971.
Abdussamad, H Zuchri, and M Si Sik. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021.
Aflisia, Noza. “Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafizh Al-Qurâ€TM An.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 47–66. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jf.v1i1.64.
Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Al-Kautsar, 2018.
Ananda, Romi, and Sari’ul Fahmi. “Pendekatan Kebahasan Ditinjau Dari Segi Ta’wil.” Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 14, no. 6 (2025): 1–10. https://ejournal.cahayailmubangsa.institute/index.php/tashdiq/article/view/1741.
Anisaturrizqi, Rita, Muhammad Akhyar Aji Saputra, and Fitriyatul Hanifiyah. “Teacher Professionalism And Competence In The Perspective Of Contemporary Islamic Education.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2025): 13–28. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/fj.v5i1.3988.
Annisa, Anni, and Rini Yudiati. “Learning Arabic Language Improves Student’s Memorization of the Al-Qur’an.” Dzihni: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Linguistik Dan Kajian Literatur Arab 2, no. 01 (2024): 55–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28944/dzihni.v2i01.1777.
Aufa, Nisa, Edi Suresman, and Mohammad Rindu Fajar Islamy. “Differentiation Strategies in Qur’an Memorization: A Case Study at Daarul Yusr Islamic Boarding School.” TAFSE: Journal of Qur’anic Studies 9, no. 2 (2024): 177–88. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/tafse.v9i2.28018.
Baddeley, Alan. “The Episodic Buffer: A New Component of Working Memory?” Trends in Cognitive Sciences 4, no. 11 (2000): 417–23.
Baharin, Mohamad Farhan Bin Mohamad, Ahmad Rozaini Bin Ali Hasan, and Mahfuzah Binti Mohamed. “The Role of Arabic Language in Strengthening Quranic Skills.” International Journal of Research and Innovation in Social Science 9, no. 2 (2025): 2914–22. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2025.9020225.
Batalipu, Nur Rizka Novrianty. “Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palu.” IAIN Palu, 2019.
Berglund, Jenny, and Bill Gent. “Memorization and Focus: Important Transferables between Supplementary Islamic Education and Mainstream Schooling.” Journal of Religious Education 66, no. 2 (2018): 125–38.
Craik, Fergus I M, and Robert S Lockhart. “Levels of Processing: A Framework for Memory Research.” Journal of Verbal Learning and Verbal Behavior 11, no. 6 (1972): 671–84.
Craik, Fergus I M, and Endel Tulving. “Depth of Processing and the Retention of Words in Episodic Memory.” Journal of Experimental Psychology: General 104, no. 3 (1975): 268.
Fajarsari, Mutiara. “Teori At-Taswir Al-Fanni Dalam Penafsiran Al-Qur’an Surat As-Sajdah (Telaah Terhadap Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an Sayyid Qutb).” IAIN SYEKH NURJATI. S1 IAT, 2022.
Farhana, Ika. Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas. Penerbit Lindan Bestari, 2023.
Fauziah, Hapsah, Yanyan Nurjani, and Siti Aliyah. “Peran Ilmu Sharf Dan Nahwu Terhadap Pemahaman Al-Qur’an Santri Salafiyyah Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Garut.” Jurnal NARATAS 2, no. 1 (2019): 6–11. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/JN/article/view/33.
Fauzy, Muh Rogib, Nur Amri Ramadhan, Rasyid Ridha, and Sam’un Mukramin. “Peran Kecerdasan Emosional Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di SMP Islam Terpadu Al-Ishlah Kabupaten Maros.” Tarbiya Islamica 11, no. 2 (2023): 80–87.
Gunawan, Helmi, and Tita Amelia. “The Influence of Arabic Language Mastery on The Ability to Memorize The Qur’an in At-Tajdid Islamic Boarding School.” Journal of Social Studies Education and Humanities Research 1, no. 1 (2024). https://journal.iai-alfatimah.ac.id/index.php/jossehr/article/view/23.
Hakim, Abdul. “Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Dalam Kemampuan Menghafal Al Quran Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Quran Bina Insan Kragilan.” In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 1189–1206, 2023.
Hariati, Haryuni, and Evi Rahayu. Ilmu Pendidikan Islam. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025.
Ikhwanuddin, Muhammad, and Che Noraini Hashim. “Relationship between Memorization Technique, Mastery of the Arabic Language and Understanding of the Qur’an.” IIUM Journal of Educational Studies 2, no. 2 (2014): 84–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31436/ijes.v2i2.46.
Khasanah, Khuswatun. “Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 3, no. 2 (2019): 152–64.
Malaka, Zuman, and Abdullah Isa. “Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Bagi Yang Bertaqwa Dalam Tafsir Jalalain Surat Al-Baqarah Ayat 1-6.” Jurnal Keislaman 6, no. 1 (2023): 105–15.
Mariyono, Dwi. Menguasai Penelitian Kualitatif Metode, Analisis Terapan, Dan Arah Masa Depan. Cipta Media Nusantara, 2024.
Muhammad Wajih, Mamoon Abdelhaleem. “The Role of Arabic Grammar in Understanding and Appreciating the Qur’an.” Journal of Qur’anic Studies 21, no. 1 (2019): 169–98. https://doi.org/https://doi.org/10.3366/jqs.2019.0376.
Muzakki, Akhmad. “Stilistika Al-Qur’an: Mengungkap Keindahan Lafadz Dan Rahasia Makna Dalam Surat Al-Fatihah,” 2015.
Ni’amah, Khoirotul, and S M Hafidzulloh. “Teori Pembelajaran Kognivistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 10, no. 2 (2021): 204–17.
Purwowidodo, Agus, and Muhamad Zaini. “Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Yogyakarta: Penebar Media Pustaka 65 (2023).
Ratnawati, Etty. “Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi).” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 4, no. 2 (2016).
Riyadi, Sugeng, Ahmad Sofwan Firdaus, and Mukhtar Latif. “Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business 4, no. 2 (2025): 712–20.
Saleem, Amjad. “Memorization in a Foreign Language: The Role Semantic Memory in Quran Memorization.” Khairulummah 2, no. 02 (2023): 90–96. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8198467.
Salim, Achmad Ghazali. “Peran Kitab Suci Al Qur’an Dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab.” OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 9, no. 1 (2015): 1–16.
Septina, Atika, Muyasaroh Muyasaroh, and Destri Wulandari. “Al-Qur’an Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Manusia.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4, no. 3 (2023): 127–35.
Sofwatillah, Risnita, M. Syahran Jailani, and Deassy Arestya Saksitha. “Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah.” Journal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 79–91.
Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.
Vygotsky, Lev S. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Vol. 86. Harvard university press, 1978.
Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 2896–2910.
Yuniarti, Yuniarti. “Hubungan Menghafal Al-Quran Dengan Kemampuan Bahasa Arab Di Pesantren Dempo Darul Muttaqien.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 3, no. 02 (2020): 220–28.
Zubaidillah, Muh Haris. “Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Dengan Prestasi Hafalan Alquran Siswa.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2018): 19–38.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ulfah Mardliyah Husnayain, Budi Harjo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.